Jumat, 05 Desember 2014

Pengalaman Ikut Tes CPNS 2014 (Part 1)



Saat masih kuliah bahkan hingga lulus kuliah akhir 2011, saya belum punya gambaran pengen daftar CPNS. Apalagi saat itu moratorium.

Apaan tuh ya tes CPNS?Bener-bener belum ngerti. Hehehe.

Seiring berjalannya waktu dan menengok realita di dunia kerja, barulah saya paham. OOO...bunder, o begitu.


Menjadi PNS masih banyak diinginkan oleh orang-orang. Terbukti pelamarnya yang segudang, dan peluangnya kecil untuk lulus. Berdasarkan pengamatan saya sih, ada beberapa formasi di beberapa instansi yang sepi peminat.  Tapi tidak demikian dengan formasi saya huhuhuhu.
Terus alasan apa yang bikin saya daftar CPNS tahun ini?

Gaji tetap, membahagiakan ortu, dan kelak nantinya bisa punya waktu luang untuk anak n suami (ecieeeeeeeee) , itulah yang menjadikan tes CPNS masuk dalam daftar salah satu planning saya.

Adapun daerah incaran saya adalah : DIY, Klaten, Surakarta (Solo), Kab.Sukoharjo, Lombok Tengah, Mataram.

Tapi....

Sayangnya nggak ada formasi guru BK di daerah tersebut cuy. Kecuali di pemprov DY dan Mataram, itupun Cuma 1 formasi.  *Doeng....doeng...doeng....*Ebuset, nggak berani ah :-p
Pertimbangannya:
- Pemprov DIY menyediakan 1 formasi Guru BK. Kab.Sleman, Kab.Bantul, Kab. Gunungkidul, Kab.Wates, Kota Jogja engga ada formasi guru BK. Demikian juga sekitaran DIY seperti Klaten, Magelang, Solo, ga ada. Asumsiku, banyak orang sekitar daerah tadi menyerbu 1 formasi itu.
 -Mataram dan Lombok Barat masing-masing hanya 1, jauh di luar Pulau Jawa dan di Jawa masih ada beberapa daerah yang membuka formasiku. Ini juga pertimbangan dari orang tua. Oh...wajar donk kalo aku bilang ngga berani? Hihihi...nekat pun harus tetap ada pertimbangannya, bukan sembarang daftar.
Baiklah, mari move on ke daerah lain....

*Yak, kita lihat di tirai 1...*

Kabupaten Bgr! Nah di sini ada 105 formasi CPNS yang dibuka, diantaranya adalah 8 formasi Guru BK. Pemkab Bgr ini terhitung paling awal ngasih info formasi CPNS (sekitar 20 Agustus gitu), sementara daerah lain belum keluar infonya.  Sambil nunggu, nunggu..nungguuu...kok daerah yang lain banyak yang belum keluar...padahal pemkab Bogr hampir tutup...

Ada sih Pemkab Pangandaran, 10 formasi BK (baru sebatas info, belum bisa daftar). Dengan pertimbangan lain, aku pilih ikut tes CPNS jalur umum dengan instansi Pemkab ini aja dwech...Yippi!

Materi yang diujikan untuk tes CPNS pemkab ini adalah Tes Kemampuan Dasar (TKD), seperti halnya pemkab lainnya. Tentu aja soal-soalnya berbeda-beda tiap gelombangnya, tetapi bobotnya sama ( sumber klik di sini )

Ternyata oh ternyata, pendaftaran tahun ini beda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini seluruh instansi diwajibkan melaksanakan tes dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).  Ada untungnya pakai sistem ini, yaitu hasil tes yang lebih transparan karena langsung ditempel di dinding satu jam setelah tes usai. Pelamar hanya bisa daftar di 1 instansi aja. Nggak bisa nyabang ke instansi lain. *emang pohon bercabang???hehehe*

1.Daftar ke regpanselnas.menpan.go.id. 
Sempat ketar-ketir, soalnya baca-baca banyak orang yang nggak bisa daftar karena kendala nomor KTP yang bermasalah. Alhamdulilah bingitss, saya daftar lancar nggak ada masalah.
2. Dapat username n password yang dikirim ke email. Setelah itu login ke sscn.bkn.go.id, langsung terhubung dengan instansi pilihan. Terus mengisi data diri dan cetak print out bukti registrasi.
3. Mengirimkan via pos berkas-berkas berupa bukti print out registrasi, legalisiran ijazah S1, transkrip nilai, keterangan akreditasi prodi saat tahun kelulusan yang dilegalisir, surat lamaran ke alamat Bupati Bgr. Demi ngurus legalisiran saya pun ke Jogja.
4. Alhamdulilah lagi, saya lulus syarat administrasi. Saya pun dapat surat balasan berupa kartu peserta tes CPNS yang dikirim lewat POS ke alamat rumah. Sankyouuu Pak Pos yang mengantarkan surat balasan dengan selamat sampai tujuan.  
kartu tes yang dikirim via pos
Perjuangan selanjutnya adalah...ehm, menaklukkan soal tes CPNS. (bersambung ke Pengalaman Ikut Tes CPNS 2014 (Part 2-END))

9 komentar:

  1. Waaah, sudah kah tes soal CPNSnya? Kalau belom semoga sukses yaaaa... :D

    BalasHapus
  2. eh masuk gak ya komennya. Semoga sukses ya Mba Ina tesnya...

    BalasHapus
  3. Hmm ... agak ribet juga, ya? Semoga niat tulus dan cita-cita Mbak Ina membahagiakan orang tua terkabulkan.

    BalasHapus
  4. Cie-cie yang udah lulus tes CPNS mana nih traktirannya??, :p

    BalasHapus
  5. :') untung saya rutin ikuti kamu, jadi bisa tahu kisah ini^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mba aku soale ga banyak speak up tentang ini...
      jd bnyk yg ga tau ^_^

      Hapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.