Minggu, 07 Desember 2014

Pengalaman Ikut Tes CPNS 2014 (Part 2-END)



Cerita sebelumnya ada di sini : Pengalaman Ikut Tes CPNS 2014 (Part 1)

Selama ini banyak desas-desus kecurangan dalam seleksi tes CPNS. Pelaksanaan tes CPNS dengan sistem CAT tentunya akan lebih transparan dibandingkan sistem LJK manual. Bismillah, saya pingin lulus murni. Sebelum perang ngelawan 100 soal TKD CPNS, persiapan yang saya lakukan biasa-biasa aja. Paling-paling download latihan soal CPNS dan kisi-kisi soal CPNS yang berbayar dari internet. Terus buka-buka dikit buku latihan CPN. *iyuuuhhh sok rajin gituh ceritanya*


Lokasi tes CPNS Jalur Umum Pemkab pilihanku 2014 diadakan di Gedung Pemda. Saya dapat jadwal tes jam 08.00 WIB, tapi peserta harus sampai lokasi jam 07.15 WIB.
Yakkk saya kesana diantar Bapak, pemirsah. Naik bus umum rute Cilacap-Jakarta.
 
 Nyampe jakarta pagi, leyeh-leyeh dulu...terus sorenya diantar tante sekeluarga untuk survey lokasi. Hujan besar lagi....

Keesokan harinya saat hari H tes, alhamdulilah cuaca cerah. Bapak pinjam motor milik om, dan mengantar saya ke lokasi tes. Hmm...cukup banyak peserta tes yang datang diantar family.

Rupanya, banyak dari mereka yang berasal dari Jateng bahkan Jatim, jauh-jauh tes ke Bgr. Lha, saya tau darimana? Ngobrol donk, ngobrol sambil nunggu jam tes! Hehhehe...

“Soalnya Bgor buka duluan sih Mbak pendaftarannya. Jadinya daftar aja ke sini deh saya....” kata peserta yang duduk nunggu di belakang saya.

“Iya nih udah terlanjur daftar di sini. Eh ternyata kemarin-kemarin daerahku buka lowongan cpns terus ada BK nya,” kata peserta dari Tegal.

“Tangerang selatan juga ada 4 formasi BK lho,” saya memberi info pada mbak-mbak yang rumahnya Serang-Banten.”Tapi baru info di panselnas, belum dibuka pendaftarannya.”

“Masa’ Neng? Wah,,, aku ngga tau...yaudahlah...ngga rejeki di situ...mudah-mudahan di sini lulus,,,”jawabnya.

Sebelum tes dimulai, ada simulasi cara menjawab soal. Kemudian panitia meminta peserta berdoa sebelum mengerjakan. Wah ruangan tesnya asyik, adem, luas, lebaarrr..hehe *salah fokus*

Doa saya singkat aja,...”Kalau memang rejeki, jadikanlah. Mudahkanlah, jangan dipersulit.”

Jreng...jreng....satu demi satu soal terpampang di layar laptop. Ada 100 soal dengan waktu pengerjaan 90 menit. Ngga ada satupun soal yang keluar sama dengan apa yang ada di buku latihan.  Terus, apakah latihan soal CPNS tetap berguna? Iya donk, setidaknya ada kesiapan metal hihihi....

Untuk mengerjakan tes bagian terakhir, yaitu Tes Karakteristik Pribadi yang jumlahnya 35 soal, waktu yang tersisa 25 menit. Mana ada 4 soal dari TWK dan TIU yang belom kujawab :-D
Waktu 90 menit ngga terasa, bahkan hanya tersisa sekitar 10 detik saat aku nge-klik jawaban soal terakhir -___-

Klik. Finish. Skor langsung terlihat di layar laptop. Belum sesuai dengan target nilai sih, tapi ya ngga apa-apa deh namanya juga usaha ^_^

Ngga begitu yakin sih skor itu bisa nembus 8 peringkat tertinggi. Keluar ruangan saya ngobrol-ngobrol bentar dengan para mbak-mbak peserta tes. Setelah ngambil tas yang dititipin ke petugas, saya keluar gerbang.
“Neng ngga nunggu hasilnya dipajang?” sapa seorang petugas.
“He, hatur nuhun Pa. Tidak, saya mau langsung ke Depok....”
“Oh rumahnya Depok?”
“Bukan Pak, di sana rumah Tante. Saya mah di Cilacap....”
“Oh.Memang banyak peserta dari Jawa daftar di sini,Neng....”
Sayapun sukses melenggang keluar dari gedung lokasi tes itu. Apapun deh hasilnya, namanya juga usaha :)
Namun, sekitar 2 minggu kemudian Bapak bilang...
"Bapak kok mimpi kamu lulus. Firasat Bapak, kamu lulus...."
***
Sekitar 1 bulan kemudian, akhir November 2014....
Siang itu saya masih duduk santai di sekolah, karena jam kegiatan belajar mengajar (KBM) udah selesai. Saya belum pulang, karena lagi jadi seksi konsumsi untuk sebuah acara di sekolah.
Sebuah pesan SMS masuk ke hape saya dari nomor ngga dikenal. Pas dibuka ngga taunya:
 

Wah, entar deh belum sempat, masih ngurusin konsumsi. Saya sms orang tua aja...
“Pak, Buk, ina sudah berusaha untuk tes CPNS. Apapun hasilnya, insya allah itu yang terbaik ^_^”
dengan SMS yang garing begitu, pasti bikin ortu bertanya-tanya “Ni anak kesambet apa ya, ngga ada angin ngga ada hujan ngemeng beginian...”

Sesudah itu, hape masuk tas dan aku kembali berkutat dengan konsumsi.
Pas pulang sampai rumah dan buka pintu....waaaa mata ibuku udah berkaca-kaca....dan langsung peluk saya kayak di pilem-pilem....


“Selamat ya nduk, kamu lulus...nomer 7. Barusan Bapakmu sudah buka internet di kantornya terus nelpun ke rumah....”


HAAAAA?!!!! WHAT????


Apa iya? Saya langsung pasang modem dan...........
ada namaku di nomor 7 ! formasi BK no 1,2,7 almamater UNY ^_^
Subhanallah. Peluang hanya sekian persen, tetapi ngga mustahil jika Allah telah berkehendak mengijabahi doa kedua orang tua saya. Hmmm, ini amanah baru. Matur nuwun Bapak, Ibu, Fahmi, Fiqri, para saudara, kawan, sahabat yang mendoakan. Hatur nuhun Pemkab pilihan saya karena melaksanakan tes CPNS dengan murni, tanpa titipan, bebas KKN dan terbuka bagi WNI dari berbagai daerah. 

8 komentar:

  1. selamat Say^^ ikut seneeeeeeng :-* peluk ciuuum....Alhamdulillah yaaaa :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi mbaak :*
      doakan smoga aku amanah...

      Hapus
  2. Masyaallah entah kenapa aku baca ceritamu ini merinding dan berkaca-kaca, aku bisa membayangkan betapa terharunya ibu kamu Ina..
    Selamat ya lolos cpns :)
    ikut seneng, sayangnya tahun ini aku gak ikutan daftar
    sukses terus ya Na :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi say.
      iya ibuku terharu
      sukses juga buat km :')

      Hapus
  3. subhanalloh,bacanya jadi terharu.selamat ya udah lolos cpns :)

    BalasHapus
  4. Kisi kisi Soal yg keluar kira2 apa aja? mohon infonya untuk bahan referensi

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum mba ina...salam kenal ya..mba mau tanya klo pengen tahu ttg info kebutuhan formasi di setiap daerah gt dimana ya infonya?

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.