Jumat, 25 Desember 2015

[Resep Masakan] ~ Bikin Rolade Daging



Dapet resep yahud dari Tante Nuning , tanteku yang jago banget masak. Kali ini resep homemade Rolade Daging. Buat variasi lauk nih…dicemil-cemil pake saos juga enak hihi. Resepnya fleksibel bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kalo rolade ini pakai bahan campuran , daging ayam dan daging sapi. Idenya Tante Nuning emang kreatif. Ini nih step-by-stepnya:

Bahan Isi
500 gram daging sapi giling
500 gram daging ayam filet, giling
150 gram tepung roti (tepung panir)
2 sdt garam
2 butir telur
4 siung bawang putih, haluskan
⅓ bagian pala, haluskan
½ sdt merica halus
200 ml air dingin

Bahan Dadar
6 butir telur ayam
6 sdm air
Garam secukupnya

Pelengkap
Daun pisang dan tusuk lidi
Cara Membuat
1. Campurkan bahan isi dan aduk rata.
2. Buat kulit dadar. Kocok telur, tambahkan air dan garam secukupnya. Buat menjadi 5-6 kulit dadar,angkat.
3. Ratakan daging isi di atas kulit dadar dengan ketebalan sesuai selera. Gulung lalu bungkus dengan daun pisang yang pinggirnya disematkan dengan lidi.


4. Kukus selama kurang lebih 30-45 menit tergantung besarnya api.
5. Angkat dan potong ketebalan sesuai selera.

Catatan:
-Untuk 20 porsi
-Bisa digoreng, langsung dimakan atau disajikan sebagai bahan sup gelatin.
-1 sdm tepung panir kurang lebih setara dengan 10 gram.
-Bahan daging bisa dibuat 1 macam.
 -Daun pisang bisa diganti dengan alumunium foil.  
-Tepung panir bisa diganti dengan tepung tapioca atau tepung kanji sesuai selera.

13 komentar:

  1. Dadarnya rapih bangeet. Iish...rajin!

    BalasHapus
  2. waa resepnya sepertinya mudah... coba ahhh..eh tapi gak punya kukusan besar, cuma ada panci plus saringannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok yu :))
      pakai kukusan panci biasa

      Hapus
  3. Tips bikin dadar biar gak sobek-sobek gimana mbak?

    BalasHapus
  4. benar, dadarnya rapii sekali
    pagi-pagi lihat makanan enak bikin semangat makan meningkat hehe
    salam kenal mbak

    BalasHapus
  5. aku juga biasanya pakai alumunium foil

    BalasHapus
  6. Kukusannya lucuuuuu....kayak punya Mamang jual bakpao

    BalasHapus
  7. Rapi bgt roladenya mbak. Saya nggak bisa bikin dadarnya, nggak bisa rata permukaannya dan pas digulung robek-robek.

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.