Selasa, 22 November 2016

Walking Tour Sekitar Jatinegara Bersama Jakarta Good Guide




 Sebenernya aku ikutan edisi jalan-jalan gratisan ini udah lama, Maret 2016. Kira-kira 2 minggu sebelom aku prajab lah. Tapi, baru dibikin postingannya nih. Siapa tau bisa bermanfaat buat pembaca blog ini. Khususnya yang lagi cari referensi ke mana mau ngabisin uang, eh, maksudnya ngabisin waktu untuk sekedar jalan-jalan di kala weekend :p

Sejak tinggal di Bogor, aku lumayan demen jelajahin tempat baru. Biasanya sih naik KRL dan bus APTB. Nah, kali ini aku lagi cari jalan-jalan yang murah meriah. Asalkan bisa nambah wawasan baru. Trus aku buka-buka IG nya Jakarta Good Guide. Di blognya juga ada infonya sih. Pengen kepoin blognya? Klik di sini.  Ada program yang namanya free walking tour. Tujuannya berbeda-beda tiap minggunya. Bener-bener free lho. Kalo mau ngasih tips untuk guide-nya? Boleh, boleh banget.

Bareng rombongan yang engga kami kenal :D
Dengan mendadak, aku chat si Ambalika yang ada di Bekasi. Ada modusnya dong, yaitu ngajakin dia ikutan. Dan yang namanya dadakan biasanya malah jadi. Seperti tahu bulat....digoreng dadakan, yeah!
 Walking Tour nya berlokasi di seputar Jatinegara, jam 9 pagi. Meeting point-nya di depan Stasiun Jatinegara. Niatnya sih aku pengen melipir ke pusat batu akik di depan stasiun #eh
 Dengan dipandu guide, rombongan turis lokal ini jalan-jalan ke area sekitaran Jatinegara. Ya...saat ini masih jadi turis lokal di Jatinegara. Besok-besok eike bakal jadi turis di Amsterdam...wueeee –tolong di aamiin kan wkwkwkw-
Gedung Kodim 0505
 Walking tour kali ini ngelewatin tempat-tempat di seputaran Jatinegara yang memiliki sejarah di masa lampau. Misalnya Gedung Kodim 0505 yang dibangun jaman Belanda di Batavia. Rencananya bangunan ini bakal direnovasi dan dijadikan Gedung Budaya Batavia.
Masjid Al Anwar
 Guide rombongan juga menceritakan kalo dulunya daerah ini banyak pohon jati. Sempat ada pergantian nama daerah dari Rawa Bangke, Rawa Bunga dan menjadi Jatinegara. Kami juga melewati Gereja Koinonia (Ngga masuk ke dalamnya), Vihara Amurva Bumi, Masjid Al Anwar dan melihat proyek pembangunan Ahok di pinggir Sungai Ciliwung. Memang ada kesan yang kurang asri di pinggiran itu.
Vihara Amurva Bumi ( Source: IG @minimoi_mime )

Gereja Koinonia (Source: IG @msmerliana)
Tepi Sungai Ciliwung
bareng ambalika
 Dengan ikutan walking tour ini, aku dan Ambalika juga bisa melihat langsung traffic lalu lintas daerah ini. Termasuk kami jadi tau kalo banyak pembuat plat kendaraan dan penjahit di pinggir jalan.
Seputaran Jatinegara( Source: IG @minimoi_mime )
Ngga terasa hari makin siang. Jam menunjukkan pukul 11.00 WIB. Rombongan mengakhiri perjalanan di Halte Jatinegara. Pantesan rasanya laper dan keringetan. Bukannya langsung pulang, si Ambalika malah ngajakin jalan-jalan lagi ke Pusat Grosir Cililitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.