Senin, 13 Februari 2012

[ ENDE #1 ] Perjalanan Menuju Tanah Flores

Sepulang dari diklat latihan dasar kedisiplinan selama 10 hari di AAU Jogja, aku cukup terkejut mendapati banyak tulisan di wall fesbukku. Teman-temanku memberi dukungan dan semangat menjelang keberangkatanku. Suatu hal yang tak kuduga, sebab hanya sedikit sekali teman yang kuberi tahu bahwa aku ikut program ini.
Semua barang-barang yang akan kubawa telah selesai dikemas. Terdiri dari sebuah koper sedang, 2 tas besar dan sebuah tas laptop. “Jangan lupa semangat pengabdiannya dibungkus juga, Mbak,” kata salah seorang temanku melalui fesbuk.
Tibalah tanggal 15 Desember 2011. Kedua orang tuaku, adikku, budeku, Mbak Inda dan eyangku mengantarkan keberangkatanku. Aku berkumpul bersama rombongan kloter 3. Ibuku menangis tentunya. Hahaha. Hari itu, aku dan teman-teman kloter 3 meninggalkan Yogyakarta. Pukul 07.30 pagi, garudaku menerbangkanku dari bandara Adisucipto menuju bandara Ngurah Rai. Transit beberapa jam kemudian ganti pesawat untuk melanjutkan perjalanan menuju bandara Ende.
Dari jendela pesawat, terlihat birunya langit dan gumpalan awan cerah yang seperti kapas. Aku menengok ke bawah. Wow....itulah bumi pertiwiku jika dilihat dari atas. Hatiku diliputi rasa takjub dan penasaran, seperti apakah tempat yang akan kutuju itu. Terima kasih Tuhan, kau mengabulkan impianku untuk mengenal satu lagi wilayah di Indonesia. Kemarin, Ende masih menjadi suatu angan-angan dan bayangan saja. Namun, kini aku akan menapakkan jejak-jejak kakiku di sana. Ende akan menjadi tempat perpanjangan episode hidupku selama satu tahun ke depan.
Aku baru mengetahui tentang Ende saat ikut program ini. Sebelumnya, aku tidak pernah menginjakkan kaki di sini. Sebelum keberangkatan, aku mendapat sedikit informasi mengenai Ende dari orientasi daerah saat diklat kedisiplinan. Sisanya, aku mencari informasi melalui internet.
Meminjam istilah anak jaman sekarang, Galau, itulah rasa yang muncul saat pesawat mendarat di bandara Ende. Aku turun, melihat tempat dan orang-orang yang asing bagiku. Kabupaten Ende adalah sebuah kabupaten di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur dan ibukota kabupatennya terletak di Kota Ende.
Kesan pertama saat berjumpa dengan orang-orang Flores adalah galau. Aku butuh penyesuaian diri untuk memahami logat mereka. Setibanya di Kota Ende, kami dikumpulkan di dinas PPO Ende untuk mendapat pengarahan mengenai daftar bapak-mama angkat. Aku, Julia, Teh Erma dan Dian mendapat orang tua angkat yang sama. Namanya Pak Abu, PNS di dinas PPO. Pukul 18.00 WITA, kami berangkat ke rumahnya bersama beliau yang juga hadir di Dinas PPO.
Pak Abu tinggal bersama istri, ketiga anaknya dan seorang keponakan. Anak yang pertama tidak di rumah karena sedang kuliah di kebidanan Makassar. Mereka sangat baik dan ramah pada kami. Ya, saya optimis. 
Rasanya tidak sulit bagi kami untuk bersosialisasi di sini. Hanya perlu adaptasi saja. Malam itu kami dijamu makan oleh bapak-mama angkat. Kami memanggilnya dengan sebutan Abah dan Ine (ine=ibu dalam bahasa Ende).
“Mai si ka!” kata Ine . (artinya: mari kita makan.)
Ine memasak sayur ikan berkuah khas Ende. Hmmm...pedas asin tapi nikmat. Kami saling bertukar cerita satu sama lain.
Selanjutnya, waktunya istirahat. Pagi tadi saya masih bersama orang tua, kini dalam hitungan jam saya telah berda di tempat yang sangat jauh dari mereka. Tidak butuh waktu lama untuk memejamkan mata karena tubuh ini terasa lumayan letih.
Inilah awal perjalanan saya kemari. Sampai jumpa di bagian selanjutnya!
(bersambung)

3 komentar:

  1. Assalamualaikum mbk ina :)

    Mbk mohon infonya, mbk tw tempat basecamp PT conbloc nangapada kh??

    Ditunggu jawabannya ya mbk
    :)

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum mbk ina :)

    Mbk tau temapt basecamp PT conblock infratecno di nangapada??
    Mohon infonya ya mbk :)

    Wassalamualaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah dengar, tapi persisnya dimana sy tdk paham :)
      saya juga sudah tdk berdomisili di sana lg.

      Hapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.