Senin, 01 Oktober 2012

Hebohnya Pesta di Ende



Mendengar kata "pesta" , apa yang terbayang di benak Anda?
Pesta nikahan atau syukuran di tenda atau gedung, mungkin demikian.
Kalau kata "pesta" di ende, itu berarti semacam acara syukuran, apapun itu. Pokoknya acara rame-rame lah.
Syukuran sambut baru (acara anak kecil untuk agama Katolik), acara nikahan dan sunatan. Semua disebut "pesta".

 Yang bikin khas? Oh, di setiap pesta akan ada  joged tari gawi dan tari jai di penghujung acaranya. Jogednya mirip kayak goyang poco-poco, diiringi musik hip hop atau musik2 DJ khas. Kursi-kursi yang ada disingkirkan, sehingga ada tempat yang lapang. Dan yang joged adalah para tamu undangan (bahkan tuan rumah dan mempelai wanitanya malem itu ikutan beraksi).

Waktu itu, saya dan dua teman kos : Mbak Feri dan Mas Bangkit malem itu menghadiri sebuah pesta pernikahan di kampung kami. Jadi malem itu saya dan mbak feri ...joged. Aw... norak ah malu-maluin. Hehe gak apa-apa lah sekaliii aja joged dalam menghadiri “pesta”.

Menjelang pulang...Beli oleh-oleh! Oleh-oleh khas Ende nggak ada yang murah..jangan samakan dengan oleh-oleh khas Jawa, Bali, Lombok yang bisa didapat dengan harga terjangkau. Ah, tapi bukan harganya yang penting. Yang penting kan penghargaan buat keluarga (terutama keluarga) yang aku beri oleh-oleh. 

23 komentar:

  1. hehe,,kpn2 mampir lagi di ende

    Good Luck bu guru..

    BalasHapus
  2. wahh seru ya acara pestanya ada acara joget2 gitu, asala jangan joget oplosan aja ya mbak :D tapi untung di sini ga ada kaya gitu, kalau ada....uhh dijamin aku ga akan dateng, aku ga bisa joget :(

    BalasHapus
  3. Semacam joget berjamaah gitu ya :$

    BalasHapus
  4. Wah pestanya gaul banget ada jogednya segala, asik tuh.. Walopun buka joged YKS yak :D

    Gpp oleh2 mahal, kan gak sering2 main kesitu.. Kalo perlu uangnya diabisin buat beli oleh2.
    Buat keluarga jangan sungkan2.. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dan gue habis banyak! seneng banget!
      ya dong.
      utk kerabat dan keluarga gak boleh itung2an ^___^

      Hapus
  5. ende itu daerah mana ya ??
    baru nemu .. maklum :D

    *jejak pertama di blog ini* salam kenal :D

    BalasHapus
  6. Wah, kirain ceritanya puanjang gitu. :D

    Oh itu emang wajib atau boleh enggak ikutan joged sih? Hehe.

    Boleh tuh kapan kapan kalau ke sana lagi, saya titip oleh oleh yak^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh!
      coba kita kenal dari dulu, saya bawakan!
      :-D

      Hapus
  7. seberapa mahal sih oleh2nya mbae? di jawa juga ada kok oleh2 yang mahal.. beli ajah tape dari bandung satu trek penuh pasti mahal.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudku jika dibandingkan dgn barang yang sama :-)
      gak etis kan saya sebutkan di sini :)
      tapi oleh2nya unik bgt!

      Hapus
  8. oleh-oleh buat ane mana mbak??
    haha
    salamkenal // /

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada oleh2. hehe.
      salam kenal juga.

      Hapus
  9. Ende itu di Flores gak sih? kayaknya robianus pernah cerita juga pesta kayak beginian. Apalagi joged yang mirip sama poco-poco itu. kalo bener berarti deket sama kampung halamannya dia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya di Flores! hihi dari ende butuh 9 jam prjalanan ke kampungnya robi

      Hapus
  10. waaaah, aku mau oleh oleh kainnya itu mbak Inaaa...hehehe..keren deh perjalananmu setahun itu..I wish I can experience the same thing too..hopefully

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu juga punya pengalaman gak kalah menarik di bandung.
      aku malah blm prnah jelajah2 kesana ^^

      Hapus
  11. harusnya dokumentasi pas kak ina joged di masukin ke sini hehehe..
    ngomong-ngomong Ende itu dimana ya kak? aku baru denger nama itu -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. wihh jangan..
      merusak pencitraan haha.

      ende di pulau flores, NTT

      Hapus
  12. ende dimana kak? --"

    itu dalam agama katolik yaa? Kok aku gatau sih.
    Mungkin adat istiadat daerah juga.

    trus oleh-oleh buat aku manaaaaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ende di pulau flores, NTT :-D
      oleh2 dah abiiss

      Hapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.