Selasa, 04 Desember 2012

Kuliner Tegal : Sate dan Sop Kambing Balibul


Foto: Ina

Ragam olahan sate kambing dapat disajikan menjadi berbagai jenis masakan khas nusantara. Di Tegal, daging kambing juga memberikan suguhan sate kambing dan sop kambing yang memiliki cita rasa berbeda dengan daerah lainnya. Ketika Anda pergi ke Tegal, anda akan menemukan warung sate dan sop kambing khas Tegal yang bertaburan di seluruh penjuru daerah ini.  Daging kambing yang digunakan adalah daging kambing berusia di bawah lima bulan (balibul), bahkan banyak yang usianya masih di bawah tiga bulan (batibul).  Ya. Inilah santapan yang terkenal di Tegal, Jawa Tengah.
Kali ini, saya bareng bulik mengunjungi warung sate dan sop kambing balibul yang berlokasi di belakang PLN Slawi-Kabupaten Tegal. Nggak lama setelah memesan, menu pesanan kami datang. Nah ini dia, sate kambing dan sop kambing khas Tegal. Disajikan dengan bumbu sambal kecap serta tambahan irisan tomat dan bawang.  Satenya terasa sangat empuk dan gurih.  Kombinasi bumbu rempah yang digunakan dalam sop kambing juga terasa pas, tidak terlalu kental, menjadikan sop terasa meresap di lidah dan nikmat disantap panas-panas. Daging kambing yang digunakan untuk sop adalah bagian iga dan dekat tulang lunak. Kami juga memesan minuman teh khas tegal, yaitu Teh Poci. Aromanya dan rasanya segar dengan wangi teh yang alami menyempurnakan selera kuliner. Memang, selalu ada yang berbeda dari sajian daging kambing di berbagai daerah, termasuk Tegal. Walaupun mungkin hanya modifikasi dan takaran bumbunya yang berbeda. Namun, kreasi bumbu ini tentu memperkaya keanekaragaman kuliner di nusantara.

Mari makan! 


Price:
2 porsi sate kambing + 2 gelas teh poci + 2 porssi nasi + 1 porsi sop kambing = Rp.66.000
Ditraktir bulik. hehehe 
Lokasi : Dekat PLN Slawi, Tegal, Jawa Tengah

28 komentar:

  1. Duh siang2 gini dikasih postingan kuliner, cocok banget
    jadi lapar hahahahaha

    harganya brapa tu Ina? kayaknya mantab gitu.. kirim ke sini juga donk ...eeeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibayarin bulikku..
      tapi abis 66 rebu tuh bulik totalnya
      wuakakakaka

      Hapus
  2. iyya nih ina.. bikin laperr... :D
    tapi aku gak suka sate kambing... :|

    BalasHapus
  3. aku mau dong satenya...

    pernah nyoba balibul kambing seperti diatas di surabaya, enak mantep gelaa..

    BalasHapus
  4. so sweeettt.....
    mak laper....

    BalasHapus
  5. banyak banget makanannya , itu buat brapa porsi ya?

    BalasHapus
  6. wua..
    jadi ngiler aku pas ngeliat gambarnya.. ditambah lagi baca ceritanya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayangnya nggak ada gratisan untuk ginty :p

      Hapus
  7. gila ngilerr bangetttt....
    sayangnya disini sate kambing nya mahal banget.. 20.000 seporsi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hampir sama..
      di sini yang enak kisaran 15-20 ribuuu :-D

      Hapus
  8. sateeeeeee..jadi laper...hayo tanggungjawab

    BalasHapus
  9. wah kambing ya?
    i like it, make me hot :D

    BalasHapus
  10. ahh..... sontok jadi laper ngebacanya. apalagi pas ngebayangin sop kambing balibulnya, pasti enak banget, makannya pas hujan-hujan gini lagi.

    BalasHapus
  11. aaaaaaaaaaaaaaaa laper deh ngeliatnya :))
    itu sate apa ya ?
    kalo sate kambing gue gak makan kak *siapa yg nanya*

    BalasHapus
  12. kambing dibawah tiga bulan udah dijadiin sate??
    astaga, gimana tu rasanya??

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.