Minggu, 14 April 2013

Tetap Eksis di Daerah 3T dengan Blackberry dan simPATI

Tahun lalu, saya menjalankan pengabdian mengajar setahun di daerah 3T (Terluar, Terdepan dan Tertinggal). Saya mendapatkan daerah penempatan di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur.  Hal yang pertama kali ditakutkan oleh Ibu saya adalah :
“Bagaimana kalau nantinya kami lost contact dengan kamu?”
Kekhawatiran yang wajar dari seorang Ibu. Bayangan bahwa nantinya di sana anaknya mengalami kendala besar dalam berkomunikasi dengan keluarga di rumah. Jika ada kendala dalam komunikasi, tentunya saya akan kesulitan mengabarkan kondisi saya kepada keluarga di rumah. Atau yang lebih parah lagi, harus berjalan kaki sekian kilometer untuk mendapatkan segaris penyelamat bernama sinyal seluler. Mungkin juga Ibu takut anaknya lenyap di daerah 3T. Hwahahahah. Kalau saya sendiri sih sudah rela dan mempersiapkan mental jika sampai terisolir karena sulit sinyal. Toh, hanya setahun.
Lalu, apa yang terjadi? Yuk, #BacaCeritaku !


Komunikasi Tanpa Batas
Saya mendapat lokasi penempatan sekolah di luar kota Ende, yaitu di Kecamatan Nangapanda. Pemandangan di desa saya didominasi oleh hutan, jurang, pantai dan tebing. 
Area sekitar lokasi desa penempatanku
Saat itu, saya mengaktifkan BIS simPATI sosialita dan terkadang pindah ke BIS simPATI Full Service dengan tarif 90 ribu per bulan. Kebetulan keluarga di rumah memakai simPATI. Apalagi Bapak yang sudah menjadi pemakai nomor perdana simPATI sejak tahun 2002. So, setali tiga uang. Selain lancar menggunakan fitur blackberry, mau telepon juga ngirit. Hemat deh! Hehehe....
Semua di luar dugaan. Ternyata BIS simPATI mulus terkendali. Wah, senangnya hati saya bagaikan dapat arisan. Kekhawatiran Ibu pun tidak terbukti. Walaupun mendapat penempatan di luar kota Ende, saya tidak mengalami masalah dengan jaringan seluler. Hal ini juga saya alami ketika saya berkunjung ke tempat wisata bahkan desa penempatan teman yang jangkauan sinyalnya lebih minim.
 Meskipun Blackberry Gemini yang saya miliki belum terfasilitasi oleh 3G, itu bukanlah penghalang. Bahkan di desa yang hanya memunculkan satu-dua denyut garis sinyal , tidak ada hambatan berarti saat telepon, SMS, maupun menjalankan Facebook, Chatting,Twitter, Line, BBM, Whatsapp, Foursquare, push e-mail dan berbagai layanan Blackberry yang lain.  Hal ini juga mempermudah koordinasiku dengan rekan lain saat ada rapat atau program kerja yang infonya seringkali diberitahukan lewat Facebook. Nggak bisa dipungkiri, BBM juga pernah pending. Tapi itu jarang saya alami.

Bebek adalah Salah Satu Teman Setiaku
Hah, BEBEK?!! Ups jangan salah kira. Bebek adalah nama yang saya berikan untuk BlackBErry hitamKu. Tadinya mau dikasih nama “Bleky” tapi ntar malah mirip nama anjing. So, saya beri nama “bebek” aja biar lucu.
Keberadaan bebek tidaklah menjauhkan saya dari lingkungan sekitar apalagi sampai asyik tenggelam sendiri dalam social media sampai-sampai mengacuhkan orang di sekeliling saya. Misalnya nih, ada saat-saat berada di daerah 3T itu ngebosenin banget. Pekerjaan menilai tugas siswa sudah kelar, hiburan minim, sedang nganggur nggak ada orang di sekitar yang bisa diajak ngobrol. Atau di sela-sela nggak ada kegiatan di sekolah. Apa yang bisa saya lakukan? Yups, bermain bersama bebek. Misalnya, mengapload foto-foto ke facebook saat berwisata di Flores ataupun foto bersama murid-murid. Saya juga hobi update status di Facebook dan Twitter tentang hal-hal unik yang sedang saya alami di lokasi penempatan. Terkadang saya juga mendownload bahan ajar dan browsing info lewat smartphone ini. Nggak ketinggalan curcol lewat chat dengan kawan dan kerabat donk....
 Dengan demikian, kerabat, saudara dan keluarga yang jauh di sana bisa mengetahui kabar dan wajah terkini saya melalui Facebook. Nah, berhubung di lokasi penempatan nggak pernah nonton tivi, baca koran dan majalah, itu nggak masalah. Saya tetap bisa memantau perkembangan dunia dan berita terkini  seperti informasi pendidikan, berita sepakbola, gadget terbaru sampai putusnya pasangan artis melalui aplikasi twitter.
Eksis donk di twitter
Saya juga bisa check-in via foursquare yang terintegrasi dengan akun Facebook dan Twitterku saat menunggu keberangkatan pesawat di Bandara Ende, Bandara El Tari Kupang dan Bandara Ngurah Rai Bali sehingga keluarga yang hendak menjemput di Bandara Adisucipto bisa memantaunya. Semua dapat saya lakukan melalui bebek dan tetap lancar jaya dengan memakai nomor simPATI. Sampai-sampai beberapa teman di Jawa bilang:
“Wah...di Flores kamu ngajar atau jalan-jalan sih Na? Wah guru gaul. Tetap eksis teruuuusss.”
Eksis juga upload foto pesiar di facebook
Hahaha iya. Si bebek kan teman setiaku!
Senangnya lagi, simPATI mengeluarkan paket bundling BIS Full Service untuk pemakaian tiga bulan cukup merogoh dompet 100 ribu rupiah. Trus ada juga paket simPATI new Blackberry Sosialita. Wow tetap bisa eksis nih! Benar-benar bikin saya kayak lirik lagunya Kla Project:
“Aku tak bisa pindah....
Pindah ke lain hati....”
 
Sekian. Terima kasih udah mau #BacaCeritaKu !


 
Video simPATI New BLackberry Sosialita


www.telkomsel.com/bb-sosialita









Tulisan ini memenangkan #BacaCeritaku writing competition by simPATI

 

14 komentar:

  1. Telkomsel sinyal emang TOP kalau di luar pulau Jawa. Ayahku yang kadang ngerjain proyek di pulau2 daerah Maluku kalau telpon tetep lancar2 aja. Temenku dari daerah sumba, provinsi NTT juga pernah bilang kalau yang paling laku cuma telkomsel di tempatnya, yang lain sinyalnya parah. Sedang temenku yang di Timor leste juga pernah bilang bahwa saingan operator Timor telecom cuma telkomsel dari indonesia, tapi disana bulisnya telkomcel. Kalau di jogja telkomsel udah kalah ma operator - operator lain, kadang lemotnya bukan main buat internet, jadi mungkin pangsa pasar terbesarnya ada di luar pulau Jawa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow,,di sumba, timor leste, maluku yg notabene daerah2 cukup sulit terangkau ternyata sinyalnya juga oke ya? hoho klo dlu aku pas di ende emang oke banget!

      Hapus
  2. Ehm... tampaknya ini salah satu promosi Telkomsel, nih... Tapi bener sih...

    BalasHapus
  3. Wah beneran murah tuh kalau full service 90 ribu utk 3 bulan... perlu dicoba ah.. :)

    BalasHapus
  4. Aku sendiri akan mati gaya bila tak bisa akses internet dimanapun berada.. Hehehe

    BalasHapus
  5. Hahay,.. tp asyik kan mba ? soal'nya pmndangan alam nya it tuh yg biki betah yaa,, kirain beneran tmenan ama bebek, ehh tau nya pnggikan BB nya yaa.. hahaha...
    sya jga pkei simpati, tp ngga make bleky, ehh,, BB mksudnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi blekberi hitamku a.k.a bebek...
      asiknya lagi tetep bisa eksis di lokasi2 alam yang oke di flores

      Hapus
  6. kalau sekarang ini kemana-mana harus eksis ya :)

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.