Minggu, 09 Juni 2013

Yang Unik dari Benteng Pendem


Benteng Pendem ini merupakan peninggalan Belanda sekaligus saksi bisu perjuangan rakyat Cilacap. Sekedar informasi, Cilacap itu kota yang terletak di pesisir pantai selatan Jawa Tengah. Di benteng yang terletak di bawah tanah inilah dulu para rakyat Cilacap dan TNI ditawan. Menurut informasi dari pemandu wisata yang ada di sini, sekitar tahun 1942 benteng ini jatuh ke tangan Jepang karena saat itu Belanda kalah melawan Jepang. Setelah Indonesia merdeka, barulah benteng ini menjadi markas pelatihan bagi TNI. Seiring kemajuan jaman, benteng ini dikembangkan menjadi tempat wisata. Letaknya juga tidak lagi tertimbun di bawah tanah, melainkan sudah banyak direnovasi. Lokasinya juga masih berada di area Pantai Teluk Penyu, persis di depan dermaga penyebrangan menuju Pulau Nusakambangan. Sebagai pengunjung, saya cukup membayar karcis masuk Rp.4000 untuk bisa berjalan-jalan melihat beteng pendem. Kalau hari libur, harga tiketnya Rp.5000 per orang. Waktu jalan-jalan ke sini bareng sohib saya, Lika, pas nggak hari weekend. So, pengunjungnya sepi. 
 
Area Wisata Beteng Pendem sangat luas. Di dalam benteng, terdapat banyak sekali ruangan seperti ruangan yang berbentuk seperti barak, misalnya ruang peluru, ruang penjara, ruang penjara, benteng pertahanan, ruang klinik, ruang rapat dan gudang mesiu. Ada juga terowongan panjang yang menghubungkan ruangan-ruangan di dalamnya. Kalau kita mau coba uji nyali masuk ke dalamnya, bisa! Tentu saja dengan bantuan pemandu yang ada di sana. Waktu itu saya nggak mencoba masuk karena waktu yang terbatas. Yup, saya sampai di sana sore hari. Hehehe....Bentar lagi maghrib, pengunjungnya hari itu juga nggak ramai...jadi agak takut kalo masuk ke dalam terowongan yang panjang dan gelap.
  Uniknya lagi nih, wisata Benteng Pendem nggak sekedar melihat bangunan benteng saja. Untuk rekreasi keluarga, tempat ini cocok banget. Selain itu, orang tua bisa mengajak anaknya kemari untuk mengenalkan anaknya pada sejarah Indonesia. Banyak pohon rindang yang memberi nuansa sejuk meskipun matahari bersinar cerah. Ada gazeboo untuk duduk-duduk, lahan yang luas untuk menggelar tikar sambil berkumpul bersama keluarga, tempat bermain bagi anak-anak, jembatan dan danau. Kalau hari libur apalagi hari raya, tempat ini dipadati pengunjung. Untuk urusan makan, bagi yang nggak sempat bawa bekal nggak perlu khawatir. Di dalam area Benteng Pendem ada deretan warung kok. Nah, di depan pagar masuk Benteng Pendem juga banyak terdapat kios yang menjual oleh-oleh seperti kaos, handicraft dan gantungan kunci.
Kalau sobat berkunjung ke Cilacap, sempatin aja berwisata kemari!

18 komentar:

  1. sebenarnya ini objek wisata sejarah yang bagus, cuma masih minim perawatan terlihat dari situasi'a :(

    BalasHapus
  2. waaah keren juga yang di cilacap ya mbak..kan ini temennye benteng pendem yang ada di ambarawa, semarang, jawa tengah..pernah juga aku ke sana dan aku tulis di blog. mbak ina udah baca beluuum..hhehe..cuman kayaknya yang di ambarawa itu lebih tua gitu..dan masuknya nggak pake bayar alias gratis lho..hehehe

    bagus mbaaak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hohooh...

      udah aku blogwalking artikelmu :)

      Hapus
  3. maaf bu, itu foto orang kan.? bukan penampakan.? #dikeplak bu guru

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu foto jelmaan nyi roro kidul wkwkwk

      Hapus
  4. bagus yaa...
    sayang situs - situs bersejarah seperti ini tidak terlalu diperhatikan. T.T

    BalasHapus
  5. Dulu waktu kuliah di purwokerto pernah main kemari, tapi blm ada taman bermain seperti sekarang.

    Saya mengundang mbak Ina untuk partisipasi dalam GA saya:
    forgiveaway.blogspot.com/2013/06/give-away-menyemai-cinta.html?m=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga aku bisa ikutan mak :)
      pengin..
      coz temanya menarik

      Hapus
  6. wewwww seru tuch hehehehehehehe kmrn q lht d acara mr tukul jalan2 seru juga kyaknya.....

    BalasHapus
  7. bentengnya bagus, malah lebih bagus dari pd benteng di banten lama

    BalasHapus
  8. bagus juga tempatnya buat rekreasi

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.