Rabu, 25 Juni 2014

Resep Ikan Bumbu Sambal Cabe Merah


 Hay ladies, sista, mak-mak, mbak-mbak, cewe-cewe… ! (iya. Yang disapa dalam postingan ini khusus perempuan. Hayo, yang merasa bukan perempuan minggir dulu hehehe. Piss! ). Aku mau posting tentang ikan bumbu sambal cabe merah yang dimasak buat makan malam kemarin di rumah. Kebetulan Cilacap dekat laut sih, jadi gampang beli ikan. ^,^

Bahan :
-Ikan, boleh bandeng, tongkol, patin dll. Aku pake patin kemaren (bukan patin yang penyanyi itu)
-Air perasan jeruk nipis dan asam jawa
-Laos, kupas, dipotong
-Minyak untuk menumis
-1 tangkai serai


Bumbu Halus
-5 siung bawang merah, kupas
-2 siung bawang putih, kupas
-8 buah cabe merah besar (jumlah bisa sesuai selera)
- ½ butir tomat
-2 butir kemiri
-Lada, garam, gula
-1 ruas jahe, kupas
-2 ruas kunyit, kupas, (kalo aku kunyitnya digoreng agar nggak bau kunyit)

Catatan:
Beberapa orang mungkin menyukai ikan digoreng terlebih dahulu agar tidak amis atau tidak mudah remuk. Bisa juga. Tapi ada juga yang mentahan.



Cara Membuat:
1.Ikan dicuci bersih, potong lalu rendam atau lumuri dengan air perasan jeruk nipis dan air asam jawa untuk beberapa saat.
2.Cuci bersih dan haluskan bumbu halus.
3.Panaskan minyak dalam wajan. Tumis bumbu halus, masukkan laos dan serai. Tumis hingga harum.
4. Tambahkan sedikit air.
5.Tiriskan ikan dan masukkan ke dalam wajan. Tambahkan bumbu penyedap bila diinginkan.
6.Balik ikan, biarkan bumbu meresap hingga mengental dan tunggu hingga matang.
7.Angkat dan sajikan.
dokumentasi pribadi
Selesai deh! Kini ikan bumbu sambal cabe merah siap disantap sebagai lauk. Mudah, bukan?

9 komentar:

  1. sluurppttt.....enak nih mbk ^^

    BalasHapus
  2. Sepertinya cocok untuk hidangan berbuka puasa ya, Mbak? :)

    BalasHapus
  3. saya catet, ah. terimakasih resepnya :)

    BalasHapus
  4. Mba, lagi mudik yes?
    Tongkol or bandeng dstu msti lbih murah, ya.

    Santene kentel. Yummi. . .

    BalasHapus
  5. Sudah saya follow, silahkan folback... :D
    Ohh ya, kalau di sini pakai ikan gabus/haruan, namanya ikan bumbu habang. belum pernah masak sendiri sih, tapi sudah sering kalau makan sendiri.. :D

    BalasHapus
  6. hemm keliatanya harus blepotan kalao makan yang ini, ditunggu bu resep lainya ja yah :)

    BalasHapus
  7. Mantapp mbakkk..kapan2 aku copas yaa..makasihh

    salam kenal
    Elsye ;)

    BalasHapus
  8. Halooo mbak, keliatan enak banget ikannya, kapan2 aku copas ya resepnya..makasihh :D

    Salam kenal
    Elsye

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.