Kamis, 07 Agustus 2014

Kiat-kiat Asyik Saat Bepergian Jauh dengan Kendaraan Pribadi


Bepergian dalam jarak tempuh yang jauh memang cukup melelahkan. Tradisi mudik Lebaran atau berlibur saat hari raya Natal tidak bisa dipisahkan dari masyarakat yang sedang merayakan. Hari raya merupakan suatu momen yang membuat orang bahagia saat bisa berkumpul dengan keluarga maupun kerabat terkasih.
Memakai kendaraan pribadi sebagai sarana transportasi pada saat mudik, libur hari raya atau traveling menjadi pilihan banyak orang. Banyak hal yang mendasarinya, mulai dari sulitnya mencari tiket kereta api, hingga pertimbangan fleksibilitas dalam bepergian. Dengan kendaraan pribadi, orang lebih leluasa kapan mau beristirahat, kapan hendak makan, jam keberangkatan hingga daya angkut barang yang banyak dan bebas. 

Saya termasuk orang yang cukup sering bepergian dalam rangka berwisata, mengunjungi ke rumah saudara, maupun mudik. Opsi memakai kendaraan pribadi biasanya dipilih dalam situasi tertentu. Misalnya pada saat hendak mengunjungi saudara dalam rangka merayakan hari raya lebaran maupun saat berwisata ke beberapa obyek wisata.  
image
Sumber gambar klik di sini
 Pada H-1 menjelang hari raya, kami sekeluarga memilih kendaraan pribadi untuk digunakan mudik ke Tegal dari Cilacap. Dari pengalaman mudik pada tahun-tahun sebelumnya, prediksi kami jalanan akan rame dan macet. Dalam situasi normal, perjalanan Cilacap ke Tegal menghabiskan waktu 3 jam. Namun, kemarin kami membutuhkan waktu 5,5 jam (sudah termasuk istirahat 30 menit). Beberapa tahun yang lalu malah lebih parah, hingga 9 jam!
Untuk itu, kami melakukan berbagai persiapan menjelang mudik, termasuk persiapan untuk mengatasi berbagai kendala yang mungkin akan terjadi saat di jalan raya.
                                        
- Memastikan kondisi kendaraan baik. Mulai dari pergi ke bengkel untuk mengecek oli, suku cadang, onderdil, kondisi ban, klakson, lampu, rem, dan mesin.  Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kendaraan mogok di perjalanan.
- Memastikan bahwa bahan bakar terisi penuh saat berangkat.
- Membawa perlengkapan cadangan yang bisa digunakan dalam kondisi darurat, seperti payung, gunting, cutter, mini  kompressor, kawat sling, serbet, dongkrak hidrolik, senter.
- Membawa obat-obatan (minyak angin, plester, dan tolak angin).
- Mengecek seluruh barang bawaan beberapa jam sebelum berangkat, untuk memastikan tidak ada barang yang tertinggal.
- Beberapa orang bahkan sudah membeli atau mengganti kendaraan pribadi untuk keperluan lebaran sejak jauh-jauh hari. 
Untuk mengatasi rasa bosan dalam perjalanan yang relatif rame atau macet, saya membawa:
- Gadget, supaya bisa dengar musik atau browsing hehehe...
- Cemilan

Bagi yang memilih mudik atau bepergian jauh naik sepeda motor pribadi, pakai selalu jaket hangat. Saat bepergian jauh dengan motor, saya melihat kondisi cuaca atau mengantisipasi jika hujan dengan menyediakan jas hujan di jok motor.  Kondisi medan jalanan yang akan ditempuh dengan motor juga perlu diperhatikan dengan mengumpulkan informasi lengkap.  Selain itu, saya selalu berupaya menjaga fisik dan stamina sebelum maupun saat bepergian. 

8 komentar:

  1. Selama ini saya belum pernah melakukan perjalanan jarak jauh dengan kendaraan pribadi. Tapi terima kasih sudah berbagi kiat-kiatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama ini pakai bus ya di sana?
      oke trimakasih kembali kak.

      Hapus
  2. Dulu jaman masih lajang kalo mudik pake bus atau pesawat. Sekarang setelah punya anak pake kendaraan pribadi, tapi deket siih, cuma Semarang-Kudus doang. Makasih tipsnyaa, salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga :))
      semarang kudus, nggak jauh ^_^

      Hapus
  3. SELAMAT... "Absurd Blog Award" sudah bisa dipasang di blognya... Syarat posting sesuai dengan ketentuan yang berlaku tolong dilaksanakan ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dilimpahkan ke orang lain bs ndak ? :))
      saya blm bs menentukan kapan bs buat postingan.

      Hapus
  4. bermanfaat banget infonya, jangan lupa mampir ya sist :D

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.