Rabu, 01 Februari 2017

[One Day Trip #Part 2] Taman Bunga Nusantara : Keindahan Warna di Puncak



Setelah dari Little Venice, saya dan kak Irma jalan-jalan ke Taman Bunga Nusantara yang masih berlokasi di sekitar kawasan Puncak. Walaupun udah masuk ke wilayah Cianjur, tetap aja terdengar familiarnya daerah Puncak Bogor karena memang ada di lokasi perbatasan antara kedua kabupaten tersebut.


Ngomong-ngomong....
Salah satu alasan yang paling masuk akal mengapa daerah Puncak, Bogor menjadi begitu digemari penduduk Jakarta dan sekitarnya adalah karena suasana yang ditawarkan. Setelah pekan yang cukup intens terkait pekerjaan, polusi udara yang terus membuat gerah, dan kemacetan yang kian parah, penduduk Jakarta butuh suatu ruang untuk kembali menjernihkan pikirannya. Oleh karena itu, Puncak Bogor bisa menjadi solusi yang tepat.
Mengapa Puncak Bogor Selalu Diminati
Source: Reportase Harga
Kendati paham bahwa jika sebagian besar kemacetan akan terjadi di libur akhir pekan atau periode libur lainnya, orang-orang tetap memaksa untuk bergerak ke sana. Lantas apa alasannya?
     Suasana sejuk dan lingkungan yang  asri
Setelah melewati hari-hari yang pengap, orang ingin mendapatkan suasana sejuk dengan lingkungan yang asri. Kawasan Puncak, Bogor adalah opsi yang paling memungkinkan berdasarkan jarak tempuhnya. Banyaknya hotel murah di Puncak juga semakin membuat orang-orang betah di sana. Oleh karena itu, sebelum kembali ke rutinitas di awal pekan, keberadaan di Puncak harus dimaksimalkan untuk mengisi energi.
     Pemandangan alam yang mengesankan
Dengan campur tangan manusia yang tidak berlebihan, pemandangan alam yang disuguhkan Puncak, Bogor sudah cukup menakjubkan. Kecantikan alam yang sesungguhnya hanya perlu diberi sedikit sentuhan tangan manusia untuk menambah kesempurnaannya. Indra penglihatan Anda tidak akan dibuat jenuh dengan gersangnya deratan bangunan dan padatnya kendaraan yang kerap menjadi faktor pemicu stres.
     Pilihan tempat wisata yang tidak monoton
Taman Nasional Gunung Gede Pangrangro, Curug Cibereum, Curug Panjang, Curug Naga, Kebun Raya Cibodas, Taman Safari, dan deretan objek wisata menarik lainnya di Puncak siap untuk dijelajahi. Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam di salah satu tempat wisata di Puncak yang dapat membuat Anda kembali bercengkerama dengan alam dan memberi pengalaman edukasi. Selain itu, biaya tiket masuk tempat wisata di Puncak juga relatif terjangkau dibandingkan dengan biaya yang rata-rata dikeluarkan untuk berbelanja di mal.
Akomodasi yang Mudah
Source: traveloka.com
Anda tidak harus menginap jika mengunjungi kawasan Puncak, Bogor. Namun tentu saja, jika Anda ingin memaksimalkan akhir pekan yang dimiliki dan tidak terlalu memforsir tenaga, ada baiknya Anda menyewa sebuah tempat untuk menginap. Mengingat kawasan Puncak adalah kawasan wisata, jangan khawatir. Ada banyak sekali penginapan di sekitar Puncak yang dapat Anda pilih. Untuk mencari hotel murah di Puncak, Anda bisa cek di https://www.traveloka.com/hotel/indonesia/city/puncak-107816/cheap-hotels-in-puncak.
Taman Bunga Nusantara
Source: Informasi Hotel, Wisata dan Kuliner
Di antara sekian banyaknya objek wisata di Puncak, Taman Bunga Nusantara adalah tempat wisata yang cukup difavoritkan. Dari namanya, Anda mungkin sudah bisa membayangkan apa yang akan Anda temui di tempat ini. Di area seluas 23 hektar ini, Anda akan dimanjakan dengan sejuknya hawa khas dataran tinggi dan cantiknya pemandangan oleh aneka jenis bunga dan tanaman. Perpaduan hijaunya rumput dan dedaunan serta warna-warni cantik kembang akan menularkan semangat dan kebahagiaan kepada pengunjung, termasuk Anda.
Pemetaan Taman
Taman yang diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto pada1995 ini dibagi-bagi menjadi beberapa bagian. Masing-masing taman memiliki nama dan karakter yang berbeda, seperti berikut ini:
     Taman Mediterania
Taman ini memang sengaja didesain sedemikian rupa untuk menunjukkan dan memperkenalkan ciri daerah Mediterania kepada pengunjung. Jenis tanaman yang ada di taman ini pun disesuaikan dengan keadaan di kawasan Mediterania seperti kaktus dan yucca. Tidak hanya melalui tanaman, karakter Mediterania juga diperlihatkan melalui desain tamannya. Model rumah kawasan daerah gurun itu diadopsi untuk bangunan yang digunakan untuk melindungi aneka kaktus di Taman Mediterania. Selain itu, unsur lain seperti pasir putih dan hamparan batu juga semakin memperkuat ciri keadaan alam di wilayah Mediterania.
     Taman Perancis
Yang menjadi ciri khas dari taman ini adalah tanaman-tanaman yang dibentuk geometris dan merupakan perdu pendek. Menurut sejarah, gaya taman yang justru mengedepankan kerapian, keserasian, dan keseimbangan bentuknya ini menjadi tren di masa Renaisans. Bunga bukanlah unsur utama suatu taman, melainkan nilai geometrisnya.
Puncak ketenaran tren taman semacam ini adalah pada masa pemerintahan Louis XIV. Konon, konsep taman seperti ini merupakan lambang penguasaan manusia terhadap alam.
     Taman Bali
Hal yang ingin disampaikan melalui taman ini adalah keindahan nusantara khas Bali. Taman ini memiliki gapura khas Bali sebagai pintu masuk, Candi Bentar, Baleng Bengong, dan Bale Kul Kul. Jenis bunga yang ada di taman ini pun adalah jenis tanaman tropis yang didominasi oleh bunga kamboja, bunga sepatu, dan lain-lain.
     Taman Rahasia (Labirin)
Apa yang ada di pikiran Anda ketika mendengar kata labirin? Lorong panjang dengan banyak jebakan jalur yang menyulitkan Anda mencapai tujuan? Benar. Taman Labirin yang ada di Taman Bunga Nasional persis seperti apa yang Anda imajinasikan.
Maze Garden di Taman Bunga Nasional dibuat dengan pola Renaisans. Anda yang menyukai tantangan tentu harus mencoba memasuki taman ini dan menyusuri lorong-lorongnya. Sebagai penghargaan, sebuah taman yang tertata dengan sangat cantik akan diperlihatkan kepada Anda ketika mencapai pintu keluar.
     Taman Mawar
Di abad pertengahan, bunga mawar mendapat julukan Flos Florum yang berarti bunga dari segala bunga. Bunga ini pun memiliki banyak penggemar yang tersebar di seluruh belahan dunia. Di Taman Mawar, pengunjung dapat melihat kecantikan bunga yang berasal dari negara Cina ini dari jarak dekat dan langsung dari keutuhan tanamannya. 











Selain lima taman di atas, Taman Bunga Nusantara juga memiliki beberapa taman lainnya seperti Taman Air, Taman Jepang, dan Taman Palem. Dengan berbekal Rp40.000 per orang untuk tiket masuk, Anda bisa menyaksikan warna-warni bunga yang juga dibuat menjadi bentuk tertentu seperti jerapah, burung merak, display karpet, dan banyak lainnya. Psst... Anda juga bisa melakukan sesi foto pre-wedding di sini, lho!
Jadi tunggu apa lagi? Segera temukan hotel murah di Puncak dan ajak keluarga atau teman-teman Anda untuk mengunjungi Taman Bunga Nusantara. Selamat berlibur!

Postingan lanjutannya klik:
[One Day Trip #Part 3 #End] Jalan-jalan ke Kebun Teh Puncak dan Safari Night Bogor

2 komentar:

  1. Taman Bunga Nusantara!!!! aku mau kesana mba.. belum kesampean sampai sekarang..
    www.sistersdyne.com

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum mba ina..salam kenal ya..mba klo aku mau tanya2 ttg cpns bisa ndk?
    aku scroll kebawah nemu artikel mba yg ttg cpns gt...menarik dn sangat membantu

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.