Sabtu, 24 November 2012

[Ende #6 :Tamat] Finally Back To Java

 24 Oktober 2012 yang lalu , aku resmi menginjakkan tanah JAWAAA man !! JAVA ISLAND. Aku dapat kloter 3 bersama sekitar 37 orang temanku.
Wow...it's soo..amazing...
Melewati 3 rute penerbangan : ende-kupang (merpati) , kupang-bali (garuda) dan bali-jogja (garuda). Mama asuhku mengantarkanku sampai Bandara Ende...oya aku satu kloter dengan banyak sahabatku. Yang se-mama asuh yaitu Dian, Teh Erma dan Julia. Bapa asuh nggak bisa ngantar karena dinas ke Kupang. Mama menunggu di pagar sampai pesawatku lepas landas. So sweet ya :)
Barang-barangku banyak yang dipaket via pos ( 19 kilogram , bo. Habis biaya 300 ribu tuh ). Udah dipaket pun  masih banyak yang aku bawa . 1 koper sedang dan 1 tas jinjing yang dimasukkan ke bagasi...

Transit di Bandara El Tari
Waktu flight pertama ende-kupang, kebetulan aku duduknya bareng sama pak dosen Wakil Rektor II UNY.  Penerbangan dari ende ke kupang lamanya sekita 45-60 menit. Sesaat sebelum pesawat landing di bandara El-Tari Kupang, tampak kota Kupang dari jendela pesawat. Rumah-rumah menyerupai miniatur rumah mainan dilihat dari atas. Kelihatannya sih panas dan tandus..hehehe.
Flight kedua sekitar pukul 13.00 WITA dari Kupang ke Denpasar, naik pesawat garuda. Keliatan muka temen-temen super cerah karena mau pulang ke kampung halaman. Nah, nyampai di Denpasar nunggu flight berikutnya lama: 5 jam. Ampe bosen dan pegel deh jalan-jalan keliling bandara Ngurah Rai bareng Mbak Mega. Pinginnya jalan-jalan keluar, tapi situasi dan kondisi nggak memungkinkan. Kalo ada opsi nginap gratis di Bali 3 hari gitu, mau deh aku... hehehe...

Abis Garuda landing di Adisucipto
Akhirnya tibalah flight ketiga, rute Denpasar-Jogja : jam 19.00 WITA. Untuk pertama kalinya aku flight malam nih. Nyaman banget pake garuda...walaupun economy class tapi di depan kursi kita masing-masing ada layar kecil menyerupai tablet. So, bisa memilih video, musik, film sesukanya deh. Mantep pokoknya garuda. Sekitar 1 jam kemudian...subhanallah tampaklah kelap-kelip lampu kota Jogja di malam hari :) dari langit Jogja. Akhirnya, pesawat landing dengan cantik di bandara Adisucipto.Backsound lagu Yogyakarta nya Kla Project sempurna banget tuh buat mengiringi turunnya kami dari pesawat :) :)

11 bulan nggak melihat Jogja, rasa-rasanya kota ini makin crowded aja :)
Alhamdulilah...tiga kali flight lancar semua dan on time.
Di bandara dijemput bapak, bude, adik, eyang dan bulik. Padahal ujung-ujungnya aku ikut rombongan ke kampus...naik bis UNY. Habis itu baru deh peserta pulang masing-masing.
Koper dan tasku berat, tapi di dalamnya juga tersimpan memori selama setahun di Ende.
Jogja malam hari dilihat dari jendela Garuda yg mengudara


After back to home...
Ada banyak pelajaran yang aku ambil :
1. Hidup terasa lebih mudah.
2. Belajar memahami karakteristik orang yang berbeda budaya. Termasuk juga semakin melihat keanekaragam karakteristik teman-teman (teman seprogram, maksudku).
3. Belajar hidup susah.
4. Belajar jadi guru.
5. Pengalaman di universitas kehidupan yang berharga banget.

Pada intinya bukan aku yang menginspirasi, justru akulah yang mendapat banyak inspirasi. Semoga pengalaman setahun ini bermanfaat ke depannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.