Selasa, 21 Januari 2014

Mencicipi Aneka Olahan Jamur di jeJamuran Resto


Sudah lama saya nggak bikin postingan tentang kuliner nih. Kebetulan belum lama ini saya nyobain makan jamur (jamur tanaman, bukan jamur penyakit hehe) yang enak di jemuran  jeJamuran Resto yang berlokasi di Jalan Magelang km.10,5 Yogyakarta. Sebenarnya udah lama pengin ke sini, tapi belum kesampaian. Jadi ini wisata kuliner pertama saya di 2014 (halah...). jeJamuran resto populer di kalangan beberapa rekan saya.

Ceritanya Fikri ngajakin wisata kuliner sekaligus makan siang. Kami sepakat milih jeJamuran Resto. Untuk menuju ke sana ngelewati alun-alun kota Sleman, terus sampai perempatan setelah alun-alun tersebut. Di sana ada papan penunjuk arah ke jeJamuran Resto yaitu belok kanan. Gampang nyarinya. Wah ternyata rame banget sampai harus reservasi tempat (alias ngantri tempat segala). Udah restonya laris di hari biasa, sekarang pas momen tahun baru tentu yang datang tambah banyak.

Terus saya BBM-an sama Rizma yang rupanya juga abis dari situ. Katanya emang dari agak pagi udah rame banget. Apalagi sekarang ya jam makan siang. Hadeh...
Saat kami hendak beranjak, eh dipanggil dan dapat nomor meja 82. Apakah cukup nunggu 30 menit saja? Ternyata nggak. Setelah pesen, nunggu pesanannya datang tuh 30 menit. Udah gitu tehnya datang duluan, sampai teh nya mau abis baru deh makanannya datang.
Sate Jamur Tiram dan Jamur Tiram Asam Manis ala jeJamuran Resto
 Oya, di daftar makanan yang kita pesan itu nggak tercantum daftar harganya dan hanya tercantum nama makanan dan minumannya. Jadi sebaiknya kalo mau kesini emang bawa duit cash lebih. Waktu ngeliat daftar menunya wah...tersedia banyak banget variasi olahan makanan berbahan dasar jamur. Nggak sekedar jamur kuping dan tiram yang biasa saya dengar, ini banyak nama jamur-jamur asing juga.  Banyak menu makanan dan minuman yang tercoret alias sudah habis. Akhirnya kami memesan teh, nasi, sate jamur tiram ( dibatasi 1 porsi aja karena stoknya udah terbatas. 1 porsinya isi 5 tusuk), pepes jamur shitake dan jamur tiram asam manis.
Pepes Jamur Shitake
 Nah, selesai makan baru deh bayar di kasir dengan membawa bon yang belum tertera harganya. Setelah bayar, baru deh tertera harga per menunya. Fiqri bilang : “Ow, Cuma 50 ribu. Standar sih. Hehehe..kirain lebih.”

 Harganya memang sesuai dengan taste masakannya yang khas. Variasi olahan jamurnya bisa dibilang istimewa dan lain daripada yang lain. jeJamuran mengolah aneka jamur dengan variatif sehingga menghasilkan cita rasa yang pas di lidah. Tampak restoran ini ramai dikunjungi orang dari berbagai usia, dari kecil sampai manula. Mungkin bagi mereka yang vegetarian, makanan jamur yang diolah dengan menarik ini bisa dijadikan alternatif variasi makanan agar tidak jemu.

Di dekat kasir ada beberapa contoh atau display tanaman jamur yang dikembangbiakkan dan ditata dengan manis. Pengunjung bisa melihat bentuk jamur-jamur tersebut. Banyak dari mereka mengabadikan foto di sana, termasuk saya. *nyengir* . Hmmm kalau dilihat-lihat bentuk jamur-jamur itu sepintas mirip dengan bentuk kembang deh.  
Add caption
Ini yang saya bilang sepintas mirip kembang


Heeehee Fiqri kan baeekkk :-)
Tertarik dengan hidangan aneka jamur lezat? jeJamuran Resto di Jogja bisa dijadikan referensi kuliner jamur bagi Anda yang ingin mencoba.

39 komentar:

  1. paling poll itu sate jamur, tapi aku biasanya makan jamur yang versi cemilan yang di balado, soalnya murah + enak mba :)

    BalasHapus
  2. Ah ya..., waktu Shasa dan suamiku kuajak makan ke Jejamuran mereka suka sekali. Mereka cocok dengan menu yang ada di sana. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang mantap nyicipin aneka olahan jamur di jejamuran resto.

      Hapus
  3. Sate jamur kayaknya enak deh... :9 *ngiler*
    Tapi gue belom pernah makan jamur, rasanya gimana sih? Kek makan kapas gitu ya. Lembut2. #halah
    Dulu pernah sih mau makan jamur yg tumbuh di pohon kelapa, tapi katanya beracun #yaiyalah, gak jadi makan deh :(

    BalasHapus
  4. Beeeeeeh, salah besar kayaknya baca ini pas lagi laper. -____-"
    Itu sate jamur jadi kepengen banget. Penasaran rasanya kayak gimana. Hehe.

    BalasHapus
  5. aku belum pernah makan jamur yang diolah seperti yang kamu sebutkan tadi. tapi aku penggemar olahan jamur kremes, dulu waktu kuliah aku sering banget mampir di rumah komik buat beli jamur kremes. rasanya enak banget, mungkin lain kali kalo ke jogja bisa jadi alternatif berwisata kuliner tuh "Jejamuran resto"....

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti kita sama2 pecinta makan jamur (bukan yg beracun) ya.
      ayo kuliner jamur lg.

      Hapus
  6. waaaaaaa, Jamur Tiram asam manis menggoda bangetttt, kirim 1 dong ke samarinda.
    disini nggak ada resto kek gitu -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..boleh. tapi ada pajaknya 150% :-p
      hehe lo aja yg maen2 ke sini

      Hapus
  7. bilang dong sama Fikri, lain kali aku juga mau ditraktir makan jamur.
    foto-fotonya gak asik ni, bikin pengen aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke , pesan tersampaikan ke orgnya :-D

      Hapus
  8. nanti kalo aku ke jogja, wajib tuh mampir kesana :D
    aah, pengen cepet - cepet ke jogjah deh rasanya :D

    BalasHapus
  9. Udah 2 tahun di jogja tapi baru tahu ada tempat yang kaya beginian... wajib dikunjungi nih :D

    BalasHapus
  10. 50 Bukan standart. itu mahal. hehe. tapi kalau memang suka walaupun mahal di bilang murah..

    BalasHapus
  11. Alkkk ngiler gue vegetarian tapi gak terlalu over haha...*_*
    IyaHHHH gue tertarik makan jejamuran. terutama yang berbentuk hati kamu Kak ina :3

    BalasHapus
  12. Wah boleh tuh nanti ke Bagelang lagi mampir ke sana. Bisa nyobain menu baru.
    Makasih infonya ya. Restonya keren, membudidayakan jamur untuk bahan makanan pokok di sana. Jempol dah:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok lina.
      senang deh artikel ni bermanfaat buat km :-)

      Hapus
  13. jamur tuh enak ya, kayak ayam rasanya, tetapi lebih lembut..
    hemm ngiler bener deh >.<

    BalasHapus
  14. pertanyaan pertama, Siapa itu Fikri?? bagaimana wujudnya?? hehehe..cie cieee...kok nggak ada gambarnya lagi makan sih mbak Inaaa...

    ah, iya bagus bangett kayak bunga edelweisss @.@

    jadi inget Ibu ku mbak, sering dimasakin jamur gorenggg..kriuk kriuk enak bingiiittt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ni di jawab langsung ma org yg km tanyain:
      manusia wujudnya, bermata dua, katanya.

      iya tadinya ada fotonya yg nraktir lg makan jamur, aku pajang.
      eh ktauan , trus disuruh apus haha.

      Hapus
  15. Balasan
    1. klo ke jogja kpn2 bisa dicoba mbak :-D

      Hapus
  16. wah enak kayaknya,,, jadi pengeen,, ngajak siapa ya ksana.. ada yg mau ikut g'???

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngajak fiqri , biar dia yang traktir :-p

      Hapus
    2. ngajak yg cewek lah biar asik,, kamu mau g' aku ajakin??? hahahaha

      Hapus
    3. nanti ya kalo dikasi ijin ma fiqri :-p

      Hapus
  17. sekarang macet banget kalau mau kesini..laris banget. :)

    BalasHapus
  18. musti hati - hati sebelum makan,,,, daftar menunya belum ada, bisa - bisa sesudah makan bukannya menyebabkan kesehatan malah sakit karena kemahalan,,,, pizzz, just kidding kak,,, salam kenal

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.