Senin, 27 Januari 2014

Rumah di Kampung Adat Wologai Tengah

Foto : Kampung Adat Wologai Tengah, Ende, Flores, NTT . Doc: Pribadi. Photo By: Ina Rakhmawati

Saat itu saya masih menjalankan tugas mengajar di daerah tertinggal. Pada saat sekolah libur hari paskah, saya memanfaatkan waktu untuk menjelajah sudut lain di kabupaten penempatan saya. Siang itu, dengan sepeda motor saya melintasi Kampung Adat Wologai Tengah, Kecamatan Wologai, Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. Nampak kehidupan penduduk sekitar yang masih alami, begitu juga dengan bangunan rumah mereka yang terbuat dari rumbai-rumbai.

Pada hari tertentu, ada upacara adat yang dilakukan di kampung ini. Tentu, penduduk di kampung ini masih menjunjung tinggi nilai-nilai adat yang dianggap luhur oleh masyarakat. Awalnya saya ragu ingin berkeliling. Namun, seorang penduduk yang melihat saya menawari saya untuk jalan-jalan keliling kampung ini. Saya berinteraksi dengan beberapa orang warga yang kebetulan sedang bersantai di depan rumah. Mereka sangat ramah!

Diikutkan dalam Turnamen Foto Perjalanan ke 34: Tema : "Kampung"

Catatan Editan (29 Jan 2014)
Banyak komentar dari visitor bilang ulasan tentang kampung adat di postingan ini kurang lengkap. Trims sarannya. Sengaja cuma mengulasnya singkat karena inti dari postingan ini bukan cerita artikelnya, melainkan fotonya. Jadi dua paragraf di bawahnya hanya sebagai penjelasan dari foto. 
Ulasan komplit tentang kampung adat wologai tengah bisa dibaca di sini : 

55 komentar:

  1. bagus banget mbak fotonya, apa lagi kalo di retouch pake adobe lightroom

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini foto original, gak pake editan sama sekali.
      hehe apaan tu adobe lightroom *ketauan deh gak bisa ngedit foto*
      heehee

      Hapus
    2. semacem photoshop gitu teh, tapi itu khusus buat ngedit2 foto gitu, ya gitu lah pokonya hehe
      biar fotonya lebih hidup

      Hapus
  2. baru tau ada nama wologai. rumahnya keren ya, mak :D

    BalasHapus
  3. Wooow. Keren inaaa. Kamu pernah tinggal di NTT yah? Ngajar apaaa? Bener2 bagus ya, natural, belum terjamaj modernisasi. Damai bgt kayaknya... Udah kemana aja pas di NTT???
    Btw fotonya baguuusss. Pake camdig atau slr itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah setahun. ngajar jadi guru SMA di sana (guru kontrak kementrian pendidikan)
      udah jalan2 di flores hehe.
      aku cuma pakai kamera saku kok, camdig biasa, samsung. bukan SLR . hihi.

      Hapus
  4. aku kira tulisannya bakalan panjang ngulas sebuah kampung. kontes ini yang dinilai fotonya ya?

    BalasHapus
  5. aku kira tulisannya bakalan panjang, ngulas lengkap adat wologai tengah. kontes ini yang dinilai fotonya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hanya fotonya, dan cuma boleh nampilin 1 foto aja :-D

      Hapus
  6. wahh pengen juga deh ke flores, indah yaa :D

    BalasHapus
  7. Rumahnya unik dan sepertinya nyaman untuk di huni

    BalasHapus
  8. Wah, Ina, lo emang ngajar di Ende yah? Atau ini hanya pas jalan-jalan aja?

    Gue di Manggarai loh Ina, gak jauh dari Ende. Sekali-sekali jalan ke tempat gue yah..
    Semoga menag.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu sempat ngajar setahun di ende.
      manggarai 9 jam kan dari ende. jauh. haha.

      Hapus
    2. Wah keren. Yah 9 jam, gue malah baru sekarang. Hahaha
      Asli orang mana, Ina?

      Hapus
    3. jawa ..tapi agak pindah2 hidupnya hihi

      Hapus
  9. fotonya bagus, objeknya juga keren banget, di daerahku nggak ada yang istimewa yang masih khas, semuanya udah cenderung lebih modern, jadi biasa aja deh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. objeknya asli unik lho mbak...
      bukan hanya di foto doank. hihi

      Hapus
  10. orang mana si teh ini ini? kok bisa nyasar ke flores? itu jauh banget -_-

    BalasHapus
  11. rumah adat yang unik ditambah pemandangan langit yang berwarna biru jadi pas cantik sekali fotonya

    BalasHapus
  12. Gilaaaaa, ini semacam surga tersembunyi !

    BalasHapus
  13. Bagus banget...pengen kesanaa...gimana hasil lombanya? good luck

    BalasHapus
  14. wahh-wah indonesia ternyata luas dan memiliki adat yang beragam ya.. bangga jd ank indonesia :D

    BalasHapus
  15. Waah fotonya kereen. udah menggambarkan suasana tempat itu.. eh, tapi itu orangnya pada kemana -___-

    ternyata masih banyak ya yang pake rumah adat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada.
      itu sengaja motret obyeknya doang :-D

      Hapus
  16. Semoga Menang, Kalau menang jangan sungkan bagi-bagi hadiahnya. hehe
    Sebuah kampung yang patut di lestarikan, dan di jadikan tempat wisata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ndak ada hadiahnya.
      cuma lomba tuk havin fun aja
      hehe

      Hapus
  17. setuju sama nico...
    fotonya bagus...kurang sentuhan lightroom aja...
    adome lightroom itu suatu program buat mengedit2 warna dari suatu foto...coba googling deh..dijamin bakalan bagus banget hasilnya...

    aku baru tau kalo ada kontes semacam ini..kapan2 mau ikutan ah...ahaha

    BalasHapus
  18. setuju sama nico...kurang sentuhan adobe lightroom nih...googling aja...itu software wajibnya para fotografer... ahahah

    baru tau kalo ada kontes semacam ini..kapan2 mau ikutan juga ah... :D

    BalasHapus
  19. penjelasannya kurang kakak u,u
    fotonya juga cuma satu .
    padahal itu fotonya bagus loh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk ikut kontes foto perjalanan ini, emang cuma boleh nampilin 1 foto.
      hehe

      Hapus
  20. fotonya buaguuus banget, semoga menang ya kak :)

    BalasHapus
  21. Akkk.. Kak ina pernah ngajar di pedalaman gitu ya? Wuiih kerenn.. Mau juga. :3 tapi sayang jurusanku bukan kependidikan :(

    Pengen banget juga ke NTT, Papua dan indonesia timur. :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. wisata khas indonesia timur emang punya daya tarik tersendiri :-D

      Hapus
  22. fotonya bagus.... itu rumah beneran ditinggali? ato cuma semacam tempat pertemuan aja?

    -salam kenal-

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditinggali sama penduduknya donk.
      hehe.
      salam kenal juga.

      Hapus
  23. Wuih. Mantap, keren fotonya.
    Semoga sukses ya kontesnya. Btw penasaran sama bentuk sekolahnya di sana deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekolahnya sama aja bentuknya kayak sekolah2 lainnya :-D

      Hapus
    2. Oh, haha. Aku kira bentuknya kayak gini juga -______-"

      Hapus
  24. aaa, unik sekali rumahnya,,, kalau ada ulasan lengkapnya, lebih bagus lagi ni Mbak,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ulasan lengkap ada di postingan lain di sini:

      http://www.inarakhmawati.com/2012/05/berkunjung-ke-kampung-adat.html

      Hapus
  25. woooo tugas belajar disana? keren masih kental budayanya, pasti adem banget tnggal disana, secara atapnya aja kayak gitu, asik kayaknya. oya semoga menang ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngajar di sana setahun.
      udah kelar skrg :-D

      Hapus
  26. perasaan kemarin komen disini, tapi kok gak muncul ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. komenmu kmrin masih dimoderasi (biar gak ada spam nongol -__-)
      baru sempet buka blog nih va :-D
      baru ditampilin deh hehe

      Hapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.