Senin, 27 Januari 2014

Seharian di Kota Jogja, Bisa Keliling ke Mana Aja?

 Dear readers, saya yakin pasti banyak diantara pembaca di sini pernah mengunjungi Yogyakarta.  DIY memang di setting sebagai kota budaya sekaligus destinasi wisata yang menarik untuk disinggahi. Sebenarnya banyak  tempat wisata yang tidak kalah menarik yang berada di luar kota Jogja. Kalo yang di dalam area kota Jogja bahkan bisa dikunjungi dalam waktu seharian dari pagi sampai malam karena lokasinya tidak terlalu jauh antara obyek yang satu dengan yang lainnya.

Belum lama ini saya juga kembali jalan-jalan di seputar kota Jogja, untuk yang ke...ah, entah, ke-sekian kalinya. Hoho. Sudah merantau ke Ende dan Surabaya pun saya masih suka suasana Jogja.  Sayangnya bertepatan dengan musim liburan jadi jalanan macet dan obyek wisata lebih dipadati pengunjung. Trust me,jalan-jalan ini nggak butuh banyak biaya alias bisa liburan hemat . Nah, seharian di kota Jogja bisa keliling ke mana aja?


1.Kawasan Malioboro
Malioboro, photo by : faiza
Lokasi jalan Malioboro terletak di jantung kota Jogja. Di sepanjang jalan teduh untuk pejalan kaki dan banyak penjual aksesoris dan oleh-oleh seperti Gudeg, bakpia, kaos dagadu, batik, dan lain-lain. Asal pandai-pandai nawar aja kalau beli aksesoris di pinggir jalan. Hehehe. Berbagai pilihan batik banyak tersedia di Pasar Beringharjo dan Toko Mirota Batik. Hati-hati kadang copet berkeliaran!
Di sini ada warung lumpia kaki lima kesukaan saya lho. Lumpianya laris, murah dan enak! Letaknya di pinggir jalan, agak nyempil, samping hotel mutiara.
Sobatku, Frida, foto di benteng vredeburg
Masih di Jalan Malioboro, ada juga Benteng Vredeburg Yogyakarta yang sejarahnya erat dengan lahirnya Kasultanan Yogyakarta.  Kalau malam benteng ini tutup.

2. Keraton Yogyakarta
aku, nampang di  keraton
Keraton Yogyakarta juga merupakan suatu lembaga adat lengkap dengan pemangku adatnya. Keraton masih menjunjung nilai-nilai filosofi, adat dan budaya Jogja.
Htm: Rp.5000, kalau bawa kamera nambah Rp.1000

3.Museum Kereta Kencana
Tampak Depan Museum Kereta Jogja
Add caption

Keraton Yogyakarta memiliki banyak kereta yang tersimpan di Museum Kereta Kencana Keraton Yogyakarta di Jl. Rotowijayan. Kereta ini dianggap sebagai Warisan Kraton dan masing-masing memiliki nama khusus. Kucing peliharaan aja diberi nama ya, nah kereta keraton juga nggak mau kalah dong. Beberapa kereta masih terpakai dalam acara tertentu seperti acara nikahan anaknya Sultan.
Hmt: Rp.4000, kalau bawa kamera nambah Rp.1000

4. Taman Pintar
Taman pintar ini merupakan wahana edukasi yang menghibur. Jadi makin asyik kalo ngajak anak kecil dan adik-adik yang masih pelajar untuk kemari.

5.Tamansari
Tamansari Jogja
Kalau yang ini adalah bekas bangunan-bangunan tua jaman kerajaan dulu. Ada taman air nya juga. Arsitekturnya masih kuno dan banyak digunakan untuk lokasi foto pre-wedding. Sepertinya sinetron bertema kerajaan seperti Kyan Santang dan Angling Dharma cocok nih syuting di sini.  Hmm...saya sarankan kemari jangan pada saat siang bolong jam 12.00-14.00 WIB kecuali kalau niat jalan panas-panasan untuk melihat satu persatu bangunannya.
Jam Buka: Senin - Minggu, pukul 09.00 – 16.30 WIB
Htm: Rp.4000

Nah, malamnya saya bisa ramai-ramai wisata kuliner! Foto-foto ini diambil di Cafe House Of Raminten JL.FM Noto No.7 Kotabaru. Konsepnya cafe tapi menunya banyak yang tradisional kayak jamu-jamuan minuman khas jawa dan makanan tradisional. Musik-musik yang mengalun juga musik tradisonal Jawa. Nggak heran kalo cafe ini sangat ramai didatangi orang dari berbagai usia, bahkan bule-bule juga. Harga menu yang paling murah 1000 rupiah, yaitu nasi kucing. Ada juga nasi liwet 2000-an dan nasi bakar 6000-an. Yang unik lagi tempat menghidangkannya. Gelas untuk wedhang sere itu tinggi banget. Kalau pesan es klapa muda juga ati-ati, pesen 1 aja bisa buat ramai-ramai karena gelasnya hapir segede baskom. Nah, pas saya pesen teh susu, bentuk cangkirnya seperti...........hehe liat aja di foto ini.
Wida ma Bayu, geje hehe
Wida nyengir liat gelas wedhang serenya tinggiii
Fiqri foto bareng Inaaa. Itu poseku kok pegang dagu -___-
Es klapa mudanya gelasnya gede banget -___- diabisin bareng2 deh
Teh Susu , bentuknya mirip....???(Atas), Nasi Bakar (foto : bawah)
 Masih banyak tempat asik untuk kuliner di Jogja di malam hari yang harganya terjangkau. Alternatif tempat lain yang bisa dikunjungi untuk jalan-jalan di malam hari adalah Taman Pelangi (htm non weekend Rp.10.000 dan saat weekend Rp.15.000) dan alun-alun Jogja .

How To Get There ?
-Kendaraan pribadi, kalau belum hapal jalan, bawa aja peta Jogja (yang gratisan tersedia di tempat penitipan barang di Mirota Batik-Jalan Malioboro) atau berbekal GPS.
-Kendaraan umum berupa bis kota dan trans Jogja yang menjangkau dari stasiun tugu, terminal, obyek-obyek wisata sampai ke Prambanan.
-Becak, untuk lokasi yang berdekatan kalau capek jalan kaki. Misalnya dari malioboro ke keraton.

36 komentar:

  1. Bener-bener mengesankan ya perjalanan ke Jogjanya. Jadi pengen ke sana lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kerja di dogja dan sangat betah disini

      Hapus
    2. klo sy jd mbak intan, sy juga akan betah ^^

      Hapus
  2. uwah seru nih,,saya belum pernah ke tamansari,penasarannnn...
    salam kenal^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga :)
      makasih udah mampir mbak.

      Hapus
  3. wah rferensi buat liburan ke jogja nanti nih, tapi gak tau kapan bisa kesana haha
    itu wedang jahe gedenya nggak nyantai banget sih -,-

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggi tuh gelas, ada 30 centi-an :-D

      Hapus
  4. Kapan-kapan saya juga psti ke Jogja juga.
    Saya yakin itu. :)

    Pegang dagu apa pipi ya foto itu? :D

    BalasHapus
  5. Gue jadi pengen ke jogja juga, pengen cari barang-barang bekas yang udah tua :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. koleksi barang bekas yang udah tua ya.

      Hapus
  6. banyak obyek wisata Jogja yang murah, bahkan gratis. Sayangnya nih ... saya kurang cocok sama kulinernya, hiks... jd berasa mahal >.< soalnya pilih2 makanan yg jawa timuran, hehe.

    BalasHapus
  7. wah keren nih bisa jadi duta pariwisata jogja haha :v aku pernah ke joogja tapi belum pernah ketempat" itu ya paling banter ke benteng vredburg sama malioborp itu pun jarang foto-foto, yang ku ingat dari jogja itu ngangenin jadi betah gak mau pulang :)

    BalasHapus
  8. setujuu bangettt....jogja itu tempat liburan yang nggak bikin bokek...hampir semuanya murah dan harga bersahabat...

    dan lokasi wisatanya gampang dijangkau...ah jadi pengen ke taman pelangi sama taman sari nih aku... :D

    BalasHapus
  9. jangan lupa ke pasar beringharjo kalo ke jogja. hehehe
    pengen banget sebenernya liburan ini ke jogja, tapi gak ada duit u,u

    BalasHapus
  10. Waaahh Jogja Tulen Nih Mbak Ina :)

    BalasHapus
  11. pingin ke jogja lagi... hahaha
    belom ke benteng vredenburg, belom ke museum kereta belom ini itu...
    :D

    BalasHapus
  12. Hmm.
    Udah lama banget gak pernah jogja.
    Kalopun itu pernas pas acara study tour SMA. Hehe.
    Untuk Kawasan Malioboro, emang paling banyak diminati tuh sama pengunjung. :D

    BalasHapus
  13. iyaa Ina aku juga sering ke Jogja dulu sewaktu kuliah, karena skg di Jakarta jadinya jarang deh huuukkss
    bagus2 ya tempat2 di Jogja, letaknya juga dekat n yg paling peting di sana itu murah2 euy

    BalasHapus
  14. Fiqri siapa ciyeeee....hehehehe...
    ah, aku ke malioboro of course udah pernah, ke keraton juga pernaaah, nah sisanya belum termasuk yang ada kereta kencananya itu. waktu dulu mau ke sana udah keburu sore cc, jadi nggak jadi deeeh..hehehehe..

    asoyy banget nih jalan jalan ke jogja, ayuuuk jalan jalan ke bekasi mbak ina ketemu akuuuh :3

    BalasHapus
  15. Semua sudut di Jogja adalah keindahan :-) Jogja Berhati Nyaman

    BalasHapus
  16. Mantaf, buat referensi bagi yg mau liburan di Yogya.

    BalasHapus
  17. Selamt datang aja di Jogja...

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.