Sabtu, 09 Februari 2013

Gado-Gado Cerita Orang Merantau


Alohaaaaa...sobat-sobat blogger! Nggak terasa ya udah ketemu weekend lagi.

Rebutan nyari bangku di kereta ekonomi coy !
Kali ini, aku mau sharing tentang cerita masa perantauan.
Sobat pernah ada yang merantau? Mungkin waktu sekolah, kuliah ato kerja ato nyari jodoh  gitu. Catat: merantau tanpa ortu en belom nikah.  Bagi yang pernah, pasti macem-macem ceritanya. Komplit kayak gado-gado. Ada seneng ada susah.

Naaaaahhh, kalo aku pertama kali merantau tanpa ortu adalah pas jaman kuliah (bukan mikuli uyah ya = ‘bahasa Jawa’). 2007-2011. Jaman mahasiswa emang jamannya 1001 cerita, sob!

 Kalo pulang ke rumah ortu, naik kereta ekonomi dari Jogja. Yep, perjuangan harus rebutan tempat duduk. Harga tiketnya separo harga tiket bis patas.
Dulu aku hampir gak pernah laundry, kecuali terpaksa : selimut tebel. Namanya aja mahasiswa, prinsip ekonominya kepake banget. Biaya sehemat-hematnya untuk dapat keuntungan sebesar-besarnya.
Misal gini... “Waduh, laundry selimut di belakang kos 4000 perak cuy! Kalo di gang sebelah cuma 3500.” Aku puter otak. Yoweeesss, aku capcus ke gang sebelah ajjaaaa....
Masak mie dan nasi pake kompor listrik mini di akhir bulan

Kalo akhir bulan, bisa dipastiin yang namanya indomie dan nasi kucing angkringan jadi solusi terbaek buat idupku. Huahahaha . *balada mahasiswa*
Harus pinter mengelola uang biar gak pusing
Cerdas nggak tuh? Hahahaha. *maksa*
Daaaannn syebelnya lagi tu kalo krisis aqua galon! Biasanya abis lebaran atau liburan tuh. Alamat gaswat bo! Terpaksa beli air mineral yang 1500 mililiter-an. Gapapa deh lebih mahal, ketimbang aku minum aer keran kan nggak keren men.

Bulan puasa? Dibanyakin berburu takjil gratis! Hwakakakaka...berburu gratisannya nggak cuma pas bulan puasa, tapi di sela-sela kegiatan organisasi yang gratis kadang juga dapat makan gratis. Misalnya kalo jadi panitia seminar, acara rapat BEM, jadi tamu undangan workshop dll.

Masa perantauanku yang kedua adalah nggak lama setelah wisuda. Yups, kali ini nggak tanggung-tanggung. Ke Flores, NTT. Hanya setahun doank. 2011-2012.
Kepala sekolah yang baik banget, guru-guru asli sana yang baik, murid-murid yang unik, punya mama-bapa angkat yang baik di kota kabupatennya....

#Jeda bentar, coy. Mau liat beritanya R**fi Ah**d dolo #
#10 menit kemudian>>>Ngetik lagi#

Di kos yang pertama: Harus banyak-banyak sabar ketika sinyal di kamar kelelep...harus ke jalan raya di pinggir hutan, baru deh nongol tu sinyal. Listrik kamarku baru hidup kalau malam hari. Iyuuuuuuhhhh .

Mungkin karena aku pecinta kucing, kamarku juga sering kedatangan hewan. Nggak cuma kucing kampung doang yang demen nongol tiba-tiba di kamarku yang berdinding kayu dan beratapkan seng bocor unyuk.
Nih tersangkanya! berisik!!!

Ada tikus....ada kecoaaaa....kaki seribu...semut....ayam...sampai bebek-bebek yang kalo pagi buta terbang ke atas seng kamarku.
“Wekkkkk weeekkkk weeekkkkk gluduk gluduk...srengggg!” gitu lah kira-kira bunyinya.
Alarm alami tuh. Bukan ayam, tapi bebek. Cerewet en berisiknya minta ampyun ngalahin aku. Paling susah kalo malem-malem ada kucing kawin di atas seng kamar.

Pernah suatu ketika ada seseorang yang lagi bikin adonan, terus garuk-garuk ketek ma ngupil..terus ngelanjutin kerjaannya tanpa cuci tangan. Yaikkkk...parahnya gak sengaja aku lihat!

*melotot kaget*

Wuuuaaaaaaaa!Jadinya, aku gak mau makan makanan itu deh. Daripada ntar kepala malah jadi cenat-cenut. Yang kebayang= makanan itu= rasa ketek dan upil. 

Aku sempat pindah kos pas di Flores ini. Di kos kedua, aku sekamar dengan Mbak Feri, sahabatku yang penempatan ngajarnya beda sekolah tapi masih satu kecamatan. Duhhh alhamdulilaaahhh persis di deket towernya t*lkomsel. Kagak ada halangan sinyal, coy. Listrik? Full 24 jam. Air? Pam hidup siang hari, nggak usah jauh-jauh nimba kecuali PAM lagi mati.

Satu lagi yang bener-bener terasa ketika bulan puasa dan lebaran itu lho.
Saat itu hanya diabisin di perantauan dan full dengan keterbatasan dan kesederhanaan.  Masak, sahur, buka puasa bareng Mas Bangkit dan Mbak Feri.  Ngebantuin bibi rumah bikin ketupat buat lebaran.

Nggak ada angpao. Kalo kangen ortu Cuma bisa meringis sambil sedot ingus, ngelap aer mata...

Dalem ati: “Bapak, Ibuuu, Lebaran ja’o iwa mbana ka Jawa....”
(Bahasa sana. Artinya: “Bapak, Ibu, Lebaran saya nggak pulang ke Jawa...”)
Masa-masa perantauan di Flores, NTT
Pokoknya sangat berkesan dan bener-bener bisa ngebuat aku menghargai hidup deh! :-)
Asiknya merantau, aku punya kawan baru dan mengenal daerah lain di Indonesia dan keindahan pariwisatanya. 
Masa Perantauan di Jogja: Aku bisa mengenal Tamansari, Malioboro, Parangtritis, Prambanan

Masa perantauan di Flores: Aku bisa mengenal Danau Kelimutu, Rumah Pengasingan Bung Karno, Taman Nasional Komodo dan Kampung Adat

Next, aku bakalan merantau lagi bulan Maret 2013. Kali ini ke kota pahlawan, Suroboyo rek!
Soooo..kalau sobat ada yang menemukan makhluk konyol ini kesasar di jalan, tegor aja ya. Kembalikan dia  ke jalan yang benar. Hweehehe... Ciri-cirinya ; punya mata dua, hidung satu, kulit cokelat, cewek,tangan dua, TB/BB 164/54, nomer sepatu  40 .
*Hwaaaa makhluk opo kuwi!*

Itu ceritaku. Gimana cerita perantauanmu? :-)


"Artikel ini diikutkan dalam Giveaway Gendu-gendu Rasa Perantau"

35 komentar:

  1. Tak ada rotan , akarpun jadi
    ide kreatif memanfaatkan peluang yg ada hehehehe
    gak ada duit bikin gado-gado mie campur,.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakaka

      quote yang bagus dari pemilik bisnis onlen nan kece badai!
      ^^

      Hapus
    2. wkwkwkwkwkw Ina lebay deh uhukk
      makasih ya

      Hapus
  2. wdehh..... kosannya mcem" kweren

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya...pas kuliah di jogja pindah kos 3 kali.
      pas ngabdi di flores pindah kos 2 kali.
      *karena emang ada something yang bikin WAJIB pindah *

      T___T

      Hapus
  3. Eh iya deng, pas bulan puasa temen-temenku yang anak kosan girang banget kalo ada acara buka bersama gratisan .__. wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap...itulah mahasiswa yg anak kos! buahahaha

      Hapus
  4. aaaaa jadi pengen merasakan jadi anak rantau >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga yaa...kalo kul/kerja :) kamu ngerantau

      Hapus
  5. mbak nasi kucing itu yang kayak gimana sih ?? gue nggak tau lo, jujur. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. nasi khas angkringan Jogja-Solo..
      nasinya dikit bangettttttt...sambel ma lauknya juga sangat dikit...
      maklum harganya cuma 1000-2000 an per bungkus.

      ada gambarnya di http://www.inarakhmawati.com/2011/03/nongkrong-di-house-of-raminten.html

      Hapus
  6. Balasan
    1. besok sih rencananya lidah wetan, moti.

      Hapus
  7. wah, seru kayaknya ya..
    saya belum pernah merantau sama sekali..
    sampai sekarang masih tinggal sama orangtua..
    mungkin nanti waktu nyari kerja saya akan coba untuk merantau.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. okay ginty..
      moga suatu hari da kesempatan buatmu merantau
      :)

      Hapus
  8. Memang seru sekaligus 'susah' ye kalau merantau itu.. Saya sendiri belom pernah merantau mbak.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wehehehe...
      ada suka duka nya kok
      ga mesti duka mulu
      palagi kalo pas ngumpul ma temen2 di perantauan..rasanya kayak kekeluargaan.

      Hapus
  9. wah benar tuh, bisa belajarmenghargai hidup jadi anak rantauan.
    pokoknya ntar kalau kamu tersesat di Riau aku tegor deh, terus dikasi sesuap nasi...wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh...jangan cuma sesuap nasi ah fian.
      dua mangkok bakso kek
      dua porsi nasi padang juga boleh
      atau 20 tusuk sate.

      *wah ini malak namanya!*

      Hapus
  10. memang merantau itu bisa menimbulkan kemandirian .

    BalasHapus
  11. Makasih sudah ikutan GA-nya. Sudah tercatat :)

    BalasHapus
  12. sejuta kesedihan sejuta kebahagiaan dan sejuta cerita di perantauan... Dn tak kan terlupakan heee

    ^_~

    BalasHapus
  13. wah bebeknya pinter..bangunin orang muluk. hehehe

    BalasHapus
  14. ^^
    hahaha

    wonderfull life ya
    merasakan hidup

    BalasHapus
    Balasan
    1. life is more than wonderful ^^

      Hapus
    2. >,</ asal di nikmati bisa membuat iri

      padahal saat ngelakoni sambat setengah mati

      Hapus
    3. Wahahaha iya..
      Pas dijalani abot/berat.
      Tapi pas dikenang, lucu.

      Hapus
  15. Selamat ya Mbak, anda termasuk pemenang dalam GA ini.

    BalasHapus
  16. Liat pengumuman pemenang GA di blog saya ya..

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.