Kamis, 04 September 2014

[Runaway Girls] Kuliner, Belanja dan Ngomongin tentang Mall



Udah lama saya pengen main ke Purwokerto, sebuah kota di Kabupaten Jawa Tengah. Kalo pepatah bilang, pucuk dicinta ulampun tiba! Kemarin Ambalika ada urusan yang harus dikerjakan di Purwokerto. Yupz, dia ngajakin saya donk. Kami naik motor dari Cilacap jam 10 dan menempuh perjalanan 1,5 jam. Soalnya ada beberapa ruas jalan yang lagi diperbaiki. Nggak Cuma hati dan iman yach yang perlu diperbaiki, tuh jalanan juga :-D #eh


Setelah urusannya Ambalika kelar, kami kuliner. Lika yang dulunya kuliah di Purwokerto jelas hapal lika-liku kota ini. Dia ngajakin saya ke warung ala mahasiswa. Ternyata bener, di sana ada kumpulan siswa-siswa, anak kuliahan hingga karyawan. Berhubung masih ada kursi kosong di bagian ruangan yang ber-AC, kami milih tempat duduk itu. Lumayan sekalian ngadem. Sekitar 5 menit kemudian, pesanan ayam kosek pesanan Lika  dan bebek kosek pesanan saya datang! Uhuy, mantep banget rasanya. Empuk, lezat, gurih, dibaluri cabe hijo yang diulek kasar di atas daging bebek.

ayam kosek, 10.000 IDR
ambalika, dengan muka lapar hahaha

bebek kosek, 20.000 IDR
Setelah itu, kami shopping ke sebuah pusat perbelanjaan yang ada di kota itu. Lebih tepatnya, belanja kebutuhan di bagian supermarketnya :-D . Di sana ada foodcourt yang suasananya cozy juga. Sambil jalan-jalan di mall, Lika cerita kalo dia ada rencana daftar CPNS di sebuah instansi tahun ini. Tesnya di Jakarta.

“Ntar di Jakarta bisa sekalian jalan-jalan, tapi harus tahan lapar mata kalau masuk mall-mallnya. Mall nya banyak banget sih” kata Lika.
Saya ketawa “Jalan-jalan nggak harus belanja kok. Bisa juga cuma windows shopping dan sekedar beli minuman ringan aja.”

Jadi inget, saya terakhir ke Jakarta bulan Juni lalu. Bener yang Lika bilang kalo mall di Jakarta banyak banget. Saya lihat mall seakan memenuhi tiap ruas jalan. Perkembangan gaya hidup penduduk dan kebutuhan membuat mall tumbuh subur. Nggak heran kalau ibukota Indonesia ini dapat julukan “City of Malls”.

Berdasarkan infografis yang ada, ada 5 mall terpopuler di Jakarta.
Kelima mall tersebut adalah:
1. Mall Kelapa Gading dengan area seluas 147.000 m2. Ada lebih dari 490 outlet di dalamnya dengan kisaran pengunjung mencapai lebih dari 2,5 juta orang per-bulan.
2. Grand Indonesia, dengan biaya konstruksi 2,3 triliun rupiah. Luas area mall ini 130.000 m2 dengan jumlah outlet lebih dari 480. Jumlah pengunjungnya lebih dari 1,8 juta orang per-bulan.
3. Kota Kasablanka, dengan biaya konstruksi 2,1 triliun rupiah. Luas areanya mencapai 195.000 m2 dan jumlah outlet lebih dari 255. Jumlah pengunjungnya lebih dari 2 juta orang tiap bulannya.
4. Gandaria City. Mall ini memiliki area seluas 93.840 m2. Wah, relatif lebih kecil dibandingkan ketiga mall yang saya sebutkan di atas. Eit, jangan salah. Jumlah outletnya lebih dari 500 nih. Pengunjung yang datang mencapai lebih dari 1,8 juta orang per-bulan.
5. Central Park seluar 125.626 m2 dengan jumlah outlet lebih dari 355. Pengunjungnya rame banget, lebih dari 2,9 juta orang per-bulan.
sumber infografis

Masih ngomongin tentang mall di Jakarta, data di atas menyebutkan bahwa terdapat 4 juta m2 lahan ritel yang ada di Ibukota. Lahan ritel itu tersebar di Jakarta Barat (17%), Jakarta Utara (20%), CBD Jakarta (22%), Jakarta Selatan (21%), dan lain-lain (20%). Total mall di Jakarta berjumlah 173 mall dari 240 mall yang ada di Indonesia. Wohoho...Lika bakal kegirangan nih kalau dia jadi ke Jakarta lagi. Kalau waktu terbatas dan nggak memungkinkan mengunjungi 173 mall itu (yaiyalah), minimal refreshing aja ke salah satu dari 5 mall terpopuler tadi.

Berdasarkan riset tersebut juga, rata-rata waktu yang dihabisin orang di mall selama 3 jam. 3 jam ngapain aja di mall? Tentunya banyak pilihan.
Berbagai outlet bisa disambangi, meeting point bersama teman atau rekan kerja bisa dilakukan, sarana hiburan yang ada di dalamnya, toko buku, foodcourt, toko baju, klinik kecantikan, bioskop, supermarket. Mau pilih mana? Tergantung keinginan :-D Kalo saya sekedar jalan-jalan aja dan refreshing di mall. Yang menyenangkan bagi saya adalah jika di mall ada barang yang sedang saya butuhkan itu kebetulan lagi promo dan banting harga.
Sobat blogger ada juga yang suka windows shopping (sekedar jalan-jalan) maupun refreshing di mall? :-D
 Nggak terasa udah jam 5 sore dan kamipun pulang ke Cilacap. Bentar doank ya runaway nya? Hehe nggak apa-apa yang penting hepi! ^,^

11 komentar:

  1. Saya malah belum pernah jalan-jalan ke pusat perbelanjaan seperti mall, Mbak.

    BalasHapus
  2. sekarang nama makanan dari ayam banyak ya

    BalasHapus
  3. wwaahh udah lama gak mampir kesini, beneran harganya 10k? murah tuh kak :D

    BalasHapus
  4. di tempatku gak ada mall mbak...makanya kalo pas liburan sukanya ngemall sama keluarga...kayak si kabayan saba kota...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. asik donk jalan2 ke mall ma keluarga :D

      Hapus
  5. Itu milih di depan GOR Satria, atau depan Kampus Unsoed? :D

    Setidaknya kalau ke mall bisa sedikit fresh lah ya, Mba. . .

    BalasHapus
  6. widih...manteb banget tuch ayam gorengny jd laper.

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.