Kamis, 13 Februari 2014

Asyiknya Cave Tubing Goa Pindul di Kabupaten Gunung Kidul



nunggu giliran, antri karena rame banget

 Waktu liburan adalah waktu yang sangat menyenangkan. Selain berjalan-jalan di kota Jogja, kami juga memanfaatkan waktu liburan ini untuk mencari alternatif wisata alam di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pilihan kami jatuh ke wisata goa pindul yang berlokasi di Desa Wisata Bejiharjo, Kabupaten Gunungkidul. Meskipun pernah ke daerah Wonosari, Kab.Gunungkidul, tetapi kami nggak hapal lokasi Goa Pindul tersebut. Berbekal searching di internet, kamipun mendapatkan petanya yang kemudian disimpan di ponsel. (Saya lebih suka mengandalkan peta daripada GPS hehe)


Cuaca hari itu nggak begitu bagus. Dari pagi, mendung memayungi kota Jogja. Sambil berharap nggak hujan, kami berangkat ke gunungkidul (itu bukan nama gunung, melainkan nama sebuah kabupaten di DIY). Kami membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan kendaraan pribadi untuk sampai ke Wonosari.


welcome to desa wisata bejiharjo!  foto ini diambil dari album  kak maisya di sini

Setibanya di sana, kami membayar tiket masuk. Kami diberi fasilitas sepatu, pelampung dan ban karet berwarna hitam. Pengunjung yang datang sangat ramai karena bertepatan dengan musim liburan anak sekolah. Banyak rombongan dengan bus-bus besar yang berasal dari Jawa Timur dan DKI Jakarta. Kami harus bersabar menanti giliran masuk goa pindul sambil duduk manis di atas ban dengan mengenakan jaket pelampung.


goa pindul, ada sungai di dalamnya

Begitu giliran kami tiba, pemandu mengarahkan kami dan harus berpegangan tangan dengan orang di sampingnya. Inilah yang disebut cave tubing, menyusuri sungai yang mengalir di bawah goa dengan menggunakan ban karet. Pemandu juga menjelaskan tentang goa pindul. Goa ini memiliki kedalaman yang bervariasi antara 5-12 meter dan panjangnya sekitar 300 meter. Stalagtitnya gede-gede dan bagus. Aliran sungainya tenang, tetapi jangan coba-coba menceburkan diri saat di tengah karena sungainya dalam.


waktu di dalam goa pindul nih
Fiqri entah ngeliatin apa :-p

Sesampainya di tengah, keadaan gelap gulita dan pemandu menyalakan lampu penerang yang dibawanya. Wow. Terlihatlah keindahan alami goa ini. Saat sampai di pinggir, barulah terlihat cahaya luar yang menerangi dan memantulkan kemilau. Butuh waktu sekitar 30 menit untuk menyusuri Goa Pindul. Untungnya hujan baru turun dalam pejalanan kami pulang kembali menuju kota Jogja.

Wisata di Desa Wisata Bejiharjo buka setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB. Sebenarnya masih banyak wahana lain yang tak kalah menarik di Desa Wisata Bejiharjo. Misalnya, oyo river tubing, flying fox, Goa Glatik, Outbond dan wisata ke pabrik minyak kayu putih. Kapan-kapan deh di lain waktu!


saya, nampang usai menusuri sungai di goa pindul

Tips :
-Usahakan sampai di Desa Wisata Bejiharjo tidak kesiangan agar dapat menikmati banyak arena wisata yang ada.
-Bawa uang cash lebih buat jaga-jaga. Nggak ada ATM di sekitar lokasi.
- Banyak orang yang menawarkan tarif mahal kepada wisatawan untuk sampai di Desa Wisata Bejiharjo. Tarif wisata Goa Pindul memang murah, Rp.30.000 untuk umum dan Rp.25.000 untuk pelajar dan mahasiswa. Namun, panduan menuju ke sananya itu biasanya dikenakan tarif khusus.
Lebih baik memakai jasa wisata yang resmi saja. Sebelum memasuki Wonosari, pengunjung akan menemui banyak stand di pinggir jalan yang memberikan informasi mengenai Desa Wisata Bejiharjo, khususnya wisata Goa Pindul yang menjadi andalan. Kunjungi saja stand itu. Mereka akan memberikan kita guide yang memandu perjalanan kita untuk sampai ke Desa Wisata Bejiharjo gratis tanpa dikenakan biaya pengantaran. Maklum, petunjuk arahnya memang kurang sehingga kerapkali membuat orang yang tidak familiar bingung dengan rute jalannya. Meskipun demikian, jalan yang dilalui bagus kok.
Selamat berwisata! ^_^

29 komentar:

  1. uwaaa..keren banget goanya^^

    BalasHapus
  2. wah catet ah nilokasi boleh buat jalan2 sama temen haha... pasti seru tuh, oke thankyou tipsnya, boomark dulu ah biar inget hehe :D

    BalasHapus
  3. Seru banget kayaknya. Masuk ke goa tapi rutenya lewat sungai :3
    Masih belum terekspos ya daerahnya? Gue baru tau di jogja ada beginian..

    BalasHapus
  4. Wah asik nih kak ina jalan2 ke gua. aku dari dulu nggak pernah berani masuk ke gua dengan alsaan takut (mikir yg horor). tapi ternyata kayaknya seru ya. apalagi banyak wisatanya kayak gitu. ditambah ada arung jeramnya pasti seru banget kak :D

    BalasHapus
  5. waaaah goa nya bagus deh kak, dari fotonya bikin iri :(

    di daerah aku sih nggak ada goa-goa kayak begitu hhu

    kira-kira kalo berenang disitu, nyampe nggak ya ^^

    BalasHapus
  6. Pergi bareng keluarga seru banget ni pastinya., salam silaturahmi :)

    BalasHapus
  7. Itu guanya keren. Banyak yang merekomendasikan waktu saya pulang kemarin ke Solo. Dari ceritamu sepertinya menarik ya. :)

    Sayangnya, seprtinya pemda setempat belum memaksimalkan potensi wisata ini. Tuh buktinya, masih banyak yang bingung dengan rutenya.

    Semoga nanti bisa lebih bagus pelayanannya, dan saya bisa kesana:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lina...belum terlalu dimaksimalkan potensinya :(
      tapi pengunjungnya rameee kok

      Hapus
  8. inaaa.... aq inbox ke fb...add yaacchhh (mb iin kudus)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaahhh mbak iin.
      kangeenn ^_^ lost contact lama bgt.
      kok bs tau blogku?
      gak ada inbox dari mbak iin di fb ku :-(

      Hapus
  9. cieee sama abang Fiqri hehehe..ih iya enak bingit di sana mah...keren bangett juga mbak Ina...sayannya kmu kayak aku dulu pas airnya keruuuh...ada yg pas airnya jernih lbh keren lagi mbak Inaaa....dan kita jga sama agency nya, tuh pelampungnya samaaa, orangeee..hehehe. tpi waktu itu aku ikutan yg oyo river tubiiing. itu jauh lebih seru mbak Inaaa...
    niiiih http://www.meykkesantoso.com/2013/06/cave-tubing-pindul-dan-river-tubing-oyo.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke, nanti aku meluncur ke postinganmu :)

      ciye agency nya sama.
      iya sygnya pas keruh , :(

      Hapus
  10. wow mantap :D
    saya juga punya liputan goa pindul disini http://www.senengdolan.com/2013/03/asiknya-cave-tubing-goa-pindul.html
    salam kenal :D

    BalasHapus
  11. Terimakasih sudah mampir..kami tunggu kunjungan selanjutnya..:)

    BalasHapus
  12. Asik tuh main kesana. Aku selama ke jogja belum pernah ke goa itu. oh ya Biayanya nggak sampai jual tanah kan? nggak sama kayak tiket liburan ke Perancis haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama dengan biaya libur ke prancis kalo kamu ke sananya ambil penerbangan surabaya-Hongkong-dubai-jakarta-jogja
      hehe

      Hapus
  13. Pengen kesanaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa :'o

    foto yang di tempat gelep gak ada?
    Gak boleh ngambil gambar kah?
    Penasaran gimana dalem Goa nya.
    Ada kelelawar gak sih?

    BalasHapus
  14. gak sekalian tubing di sungai oya mbak ? hhe

    BalasHapus
  15. waktu itu sikonnya gak tepat.
    jadi gak tubing ke sungai oyo :-D

    BalasHapus
  16. Terimkasih atas kunjungannya mbak..kami tunggu kunjungan berikutnya..:)

    BalasHapus
  17. Refresing dengan caving di goa pindul dan di lanjutkan body rafting di sungai oyo memang seru, jangan lupa bagi pengunjung yang ingin berwisata kesini membawa pakaian ganti, untuk kamera ataupun hp kami menyediakan plastik bening untuk membungkusnya agar tidak kena cipratan air. Lebih keren bila berkunjung kesini pada saat musim kemarau seperti sekarang, karena airnya jernih banget dan anda bisa bebas berenang disini.

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.