Jumat, 21 Februari 2014

Bikin Sendiri Sup Ikan Patin

 
Dulu saya pernah kuliner sop ikan patin khas Kalimantan di sebuah rumah makan. Ternyata, bikin sop ikan patin sendiri di dapur itu mudah! Tentu bukan khas Kalimantan ala rumah makan itu. Nah, kebetulan nih saya di rumah, menu ini menjadi salah satu menu andalan yang sering dimasak di rumah. Apalagi Bapak dan Ibu saya di rumah sebisa mungkin menghindari makanan yang kadar kolesterolnya tinggi, seperti cumi-cumi, kerang dan udang. Jadinya saya masak ikan saja. Selain mengandung banyak protein, juga mengandung banyak vitamin dan nilai gizi yang tinggi.
Yuk simak resepnya!


Bumbu:
2 ekor ikan patin, bersihkan, cuci, potong, rendam dalam air perasan jeruk nipis selama 1 jam untuk menghilangkan bau amis. Setelah itu, tiriskan.
2 siung bawang putih
daun Loncang sledri
Merica (atau merica halus)
setengah ruas jahe, bakar, memarkan.
Wortel, iris tipis
Gula, Garam
Penyedap Rasa (sesuai selera)
Brokoli
Cesim
 Bawang merah, iris tipis lalu digoreng
tomat, diiris-iris
Cara Membuat
1.Haluskan bawang putih dan merica. Tumis hingga harum.
2.Panaskan air 700 militer (3,5 gelas belimbing). Masukkan tumisan bawang putih dan jahe yang telah dimemarkan.
3. Setelah air mendidih, rebus  ikan patin.
4. Setelah ikan melunak, masukkan potongan wortel.
5. Setelah wortel agak lunak, tambahkan brokoli, cesim.
6. Tambahkan loncang, sledri, irisan tomat, gula dan garam sambil dicicipi untuk mengetahui kesesuaian rasa. Tambahkan penyedap rasa jika diperlukan
7. Biarkan 5 menit, taburi bawang goreng. Angkat dan sajikan hangat.

Untuk : 4 porsi.

30 komentar:

  1. resep makanannya bermanfaat sekali nih...
    memangnya kak Rakhmawati hoby masak ya?? kalau saya tuh, hoby makan saat *lapar* hehehe ngga lah, just kidding...

    oke,.. terimakasih, resep makananmu ini sangat bermanfaat saat aku lagi ngga ada yang masakin ... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan hobi lg, tp kebiasaan klo di rumah kan ada dapur hehe

      Hapus
  2. Ah kak inaa... makasih udah bagi resepnya. Aku save page ya? Siapa tau nanti bisa masak bareng pacar hehe

    BalasHapus
  3. Yaaah makanan lagi tema postingan nya dari BW tadi -_-
    cobaan puasa kok gini banget.

    Belom pernah nyoba sih sop ikan.
    Malah baru tau kalo ikan bisa di sop.
    Selama ini kenal nya ya sop daging dan sop ayam.

    Bisa di coba nih ntar malem buat buka puasa.

    BalasHapus
  4. pengen coba, karena kami di rumah juga suka ikan fatin :)

    BalasHapus
  5. ikan patin nya sebanyak apa kak? hihihi berapa ekoran tuh pas nya?
    nyam jadi laper deh, sipp banget bisa nyajikan resep masakan :D

    BalasHapus
  6. Banyak pertanyaan nih:
    1. Ini resep bikin sendiri?
    2. Ikan kok dibikin sop?
    3. Yakin aman?
    4. Maknyus nggak?

    Ehm, segitu dulu pertanyaannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengen ketawa baca pertanyaannya.

      aman2.
      :-D

      Hapus
  7. widiiih, kalo kayak gini aku angkat tagan bener deh mbak Inaaa..nggak bisa masak soalnyaah..hehehe. calon istri dan ibu yg baik niiiih :D

    BalasHapus
  8. yaampun, tentang makanan lagi. haha. tadi si kukuh juga ngebahas makanan.

    well, tx infonya. ijin sedot gan! haha

    BalasHapus
  9. cesim itu apa ya Mbak? sayuran atau micin atau apa.. atau kayak sayur asin itu ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semacam daun sawi.
      beda istilah ya mak.
      hehe

      Hapus
  10. Wih, baru kali ini baca blog resep buat masakan. aku jadi berasa orang yang feminim hahaha
    kurang ngerti masak sih.. eh, sop ikan patin khas kalimantan? kalimantan mana nih? aku orang kalimantan loh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak tau , itu kan dulu saya cuma kuliner aja .
      beda kok dgn yang ini, yg ini buat sendiri.,

      Hapus
  11. Yahh aku sih gak suka makan soup kak. Haha..
    apalagi soup ikan, kalo ikan sukanya yang digoreng atau dibakar itu baru deliciosoooooo #halah

    eh tapi bagus juga nih, ka Ina bisa masak ya.. hmmm.. Oke, masuk daftar calon istri #halah *dikeplak*

    BalasHapus
  12. mantap!
    bisa buat varian masakan di kost-an, jadi gak masak telor mulu.. :v

    BalasHapus
  13. gak pernah makan ikan patin :(
    disini gak ada ikan begituan (?)

    BalasHapus
  14. ini ikannya bisa diganti ikan lain nggak ya? atau malah ganti tahu gitu mungkin? sup tahu kan enak :9

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa diganti tahu, ayam..
      tapi nanti beda dikit proses pembuatannya :-D

      Hapus
  15. Yah, berasa kuliner nusantara deh dikasih sama resepnya sekalian. Hehehe
    Makasih, Mbak. Kali aja ntar bisa buat masak di rumah, dengan ikan yang berbeda:D

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.