Selasa, 11 Februari 2014

Kuliner Sushi di Cilacap


Suatu ketika menjelang datangnya bulan ramadhan 2013, saya kebetulan sedang berada di rumah di kota Cilacap. Sahabat saya, Ambalika sms yang intinya begini:
“Ikutan makan sushi yuk Na! ”
Saya butuh waktu beberapa menit untuk balas sms itu. Mikir, men! Di satu sisi penasaran kayak aparasanya.  Sushi yang makanan Jepang itu? Ah, makanan asing. Lidah saya kan lokal bangeeet. Alias lebih suka dengan kuliner khas Indonesia. 
“Kita doang?” jawab saya singkat.
“Nggak lah. Mau ditraktir nih sama Mas Sigit.”
Ditraktir? Gratis donk. Hehehe. Siapa yang bisa nolak kalo ada rejeki? *nyengir*
Hore makan-makan!


Setelah janjian, kami bertiga menuju Sushi Donbouri, Jalan A.Yani, Cilacap, Jawa Tengah.  Ruangan rumah makan ini tidak luas, tapi tenang aja...muat kok untuk bertiga. Mas Sigit mempersilakan kami mau milih menu apa. Saya yang tentunya asing dengan nama-nama kuliner Jepang ini tentu memilih dengan menggunakan feeling. Dan pilihan saya jatuh kepada seporsi Salmon Teriyaki Don. Lika dan Mas Sigit memesan Beef Katsu Bento dan Salmon Teriyaki Bento. Mas Sigit memesan menu tambahan untuk dimakan bersama yaitu Salmon Salad Roll. 


sebagian daftar menu kuliner di suhi donbouri
Salmon Salad Roll

Nggak lama kemudian pesanan datang. Yeay, kami langsung menyantapnya! Masakan yang saya pesan berupa suguhan daging ikan salmon yang diolah ala Jepun. Hmmm..rasanya enak dan tidak aneh di lidah! Tidak mentah seperti dugaan saya sebelumnya. Niatnya Cuma icip-icip, eh ternyata habis seporsi hehe. Saya dan Lika kesulitan memakai sumpit. Kami menyerah dan memilih pakai sendok dan garpu yang tersedia saja. Indonesia banget! Sementara Mas Sigit terlihat piawai menggunakan sumpitnya. 

Salmon Teriyaki Don



Beef Katsu Bento


makan sushi ^_^
“Dulu pernah kerja di Jepang setahun, abis lulus kuliah. Awalnya susah ya ampun sampe diketawain si bos. Lama-lama biasa deh.” Kata Mas Sigit.
Oh pantesan.
Menurut Mas Sigit lagi, rasa sushi di Sushi Donbouri ini agak berbeda dengan sushi yang dimasak langsung di Jepang.  Kalau di Jepang kan bahannya langsung dari sana.
Hmmm..gini toh sushi. Mas Sigit bilang, sushi itu sejenis nasi yang digabung sama sedikit lauk kayak daging atau ikan, terus digulung pake rumput laut.  Selama ini saya cuma liat gambarnya saja. Tiap daerah di Indonesia saja berbeda masakan khasnya, apalagi negara yang berbeda dengan Indonesia.


habis kuliner sushi capcuss ke masjid agung cilacap. solat magrib. bye...

Adzan maghrib berkumandang tidak lama setelah kami usai menyatap sushi tersebut. Kami pun langsung beranjak ke Masjid Agung yang tidak jauh dari lokasi kuliner sushi di Cilacap.

31 komentar:

  1. sluurrpptttt,,,,enak nih kayaknya ^^

    BalasHapus
  2. Sushi emang enak. Makanya banyak orang bekerja keras demi sesuap sushi. Hehe

    "Add caption" di gambar kedua terakhir, bisa kali dihapus. Atau diganti. Hehe, saran.

    BalasHapus
  3. Waaahh... boleh juga tuh di cobain, kayanya nikmat juga. . .
    hehe

    BalasHapus
  4. wah aku juga belum pernah ngerasain sushi kak, udah gak suka duluan sih walopun belum dirasain -___-

    iya di indonesia aja banyaak ragamnya masakan khas daerah, kayak di kota aku kak, Banjarmasin hehehe
    apalagi negara di luar indonesia ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengen deh icip2 makanan banjarmasin

      Hapus
  5. aaaakkkk bikin laper fotonya... *ngais tanah*
    mie ramennya nggak sekalian di pesan mbak :D

    BalasHapus
  6. Aku belum pernah makan sushi... hehehe

    BalasHapus
  7. Nah kalo makanan sejenis bento gitu aku sudah familier hehehe

    BalasHapus
  8. wah boleh juga tuh , , ,
    thanks infonya mbak , , ,
    ditunggu kunjungan baliknya . .. . .

    BalasHapus
  9. ternyata jalan A Yani itu banyak ya, gak cuma ditempat saya aja. Mungkin disetiap kota di Indonesia ada jalan itu.

    Gak pernah ngerasain makanan kayak begitu, selera saya masih Indonesia banget. :)

    BalasHapus
  10. Keren tuh masjidnya. Ntar numpang tidur dan shalat di sana ah:D *mental backpacker^^

    Kamu muslim? Sudah pastikan itu halal belum? Kalau bisa pastikan ada sertifkasi halal dari MUI yah. Bisa nanya ke pramusajinya kok. :)

    Saya sering makan sushi, buatan sendiri. Rasanya, ya gitu deh:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oups, bagus tipsmu lina.
      lain kali akan saya tanyakan ^_^ klo makan menu2 asing.

      mau donk diajarin bikin sushi :-D

      Hapus
  11. Giliran yang gratis aja lansung seneng. Eh, sama sih Ina, gue juga :)

    Gue malah gak pernah ngerasain makanan asing kek gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. AYO KITA BUAT GENK ROMANTIS.
      rombongan makan gratis.
      hahaha.
      nanti klo menang GA, gw traktir.
      tapi bayar sendiri2.
      #Lho!

      Hapus
  12. Bikin ngiler aja, hmm.. Aku punya pengalaman gila tentang sushi, ayo mampir yaa

    BalasHapus
  13. wah sekarang hoby banget jalan jaln sama nyoba nyoba makanan ya mbak...tapi aku nggak begitu suka sama sushi sih, rasanya aneh aneh gituuu...abis ini mau kemana lagi nih mbak Inaaa?? ikut doooooong behehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sbelum punya blog , aku dah hobi kuliner ma jalan.

      stelah punya blog , masih hobi . tapi cuma beberapaa yang sempat ditulis di blog
      hehe

      Hapus
  14. Kalau isi sushinya daging mateng, saya doyan. Tpi kalau yg mentah blm doyan, Mba. Apalagi salmon mentah. Grrrrr. Hahahah

    mBanjar blm ada yg jualan susiiiii e.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga eneg mbayangin salmon mentah -___-
      untung yg kumakan mateng hehe

      Hapus
  15. fotonya Beef Katsu Bento menggairahkan banget yaaa. Enak deh kaya nya

    aku belum pernah sama sekali makan masakan asing, terutama sushi.
    Enakan juga rendang, sate, bakso, mie ayam, nasi goreng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul, enakan makanan tradisional

      Hapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.