Jumat, 14 Februari 2014

Nasi Krawu, Masakan Khas Gresik



 Saat main ke rumah Vida ke Gresik belum lama ini, sahabat saya itu mengajak saya untuk mencicipi kuliner khas daerahnya.  Kuliner khas Gresik, Jawa Timur adalah nasi krawu. Yap. Saya lihat banyak tempat menjual nasi krawu, mulai dari pedagang di pasar, warung hingga rumah makan. Bahkan, terkadang ada yang menjajakan masakan khas Gresik ini di pinggir jalan di Surabaya. Nama nasi krawu belum pernah saya dengar sebelumnya sehingga sukses membuat saya penasaran kayak apa sih rasanya ?


Ajakan Vida sukses menjawab rasa penasaran saya. Kami memesan nasi krawu di sebuah warung makan dekat alun-alun kota Gresik.  Kota ini merupakan kota industri yang memiliki banyak pabrik, ramai dan kepadatan penduduknya tinggi. Harga satu porsi Nasi Krawu yaitu Rp.14.000.
“Makanan di Gresik rata-rata mahal Na. Soalnya di sini UMR (Upah Minimum Regional) tinggi, trus kota industri maju juga, “ kata Vida.
nasi krawu, kuliner khas Gresik, Jawa Timur
  Nasi Krawu merupakan masakan yang tediri dari nasi putih  dengan lauk suwiran daging sapi yang diolah dan mengandung banyak minyak, kemudian ditambah taburan khusus seperti serundeng, berwarna kuning, merah dan mangut. Yang warna kuning rasanya manis,yang merah terasa agak pedas. Penjual nasi krawu tidak lupa menambahkan sambal yang pedas banget. Sambel disisihkan di tepi piring agar tidak tercampur dengan nasi dan lauk. Mau ditambah kuah semur juga bisa. Kuah semur terbuat dari olahan jeroan sapi. Penyajian nasi krawu dengan piring yang dialasi daun pisang. Menurut Vida, jika belinya di pasar malah dibungkus langsung dengan daun pisang.
Vida menyantap pesanannya
Nasi krawu merupakan masakan khas Gresik yang rasanya khas. Masakan ini bisa dibungkus dan lauknya diberi kuah agar awet jika hendak dibawa sebagai bekal makanan. Namun, sepertinya kurang disarankan disantap bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi.

21 komentar:

  1. Kalau alas nasinya pakai daun pisang seperti itu, asyiknya enggak pakai sendok dan garpu, Mbak. :) hehe

    BalasHapus
  2. widiiiiiiiiiiiiih, kayaknya nasinya cuman dikit tapi harganya terhitung selangittt..baru tau kalo di Gresik mahal mahal mbak ina..tapi worthy sih ya kalo baca penjelasan mbak Ina...soalnya baca bumbu dan bahannya aja udah complicated gitu, dan daging sapi emang mahaaal..nyam nyam nyam...abis ini mau makan apa lagi mbak Ina?? kapan ngajak aye??? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. AYO MUDAH2AN KAPAN2 BISA KOPDAR MA KM.
      SERU KAYAKNYA JALAN2 ma kamu
      aduh sorry kepencet capslock smua -__-

      Hapus
  3. widiiiiiiiiiiiiih, kayaknya nasinya cuman dikit tapi harganya terhitung selangittt..baru tau kalo di Gresik mahal mahal mbak ina..tapi worthy sih ya kalo baca penjelasan mbak Ina...soalnya baca bumbu dan bahannya aja udah complicated gitu, dan daging sapi emang mahaaal..nyam nyam nyam...abis ini mau makan apa lagi mbak Ina?? kapan ngajak aye??? :D

    BalasHapus
  4. widiiiiiiiiiiiiih, kayaknya nasinya cuman dikit tapi harganya terhitung selangittt..baru tau kalo di Gresik mahal mahal mbak ina..tapi worthy sih ya kalo baca penjelasan mbak Ina...soalnya baca bumbu dan bahannya aja udah complicated gitu, dan daging sapi emang mahaaal..nyam nyam nyam...abis ini mau makan apa lagi mbak Ina?? kapan ngajak aye??? :D

    BalasHapus
  5. Aduh, untung aja gue baca postingan ini pas masih pagi-pagi. Jadinya bisa diganti dengan menu ritualnya yasmin setiap pagi di film Love in Paris, yaitu nasi uduk. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. WAHAHAHA...beda nasi uduk tu ma nasi krawu

      Hapus
  6. vey yang di bojonegoro belom pernah nyoba. kikikiki.
    belom pernah ke gresik soalnya. *plaaak

    BalasHapus
  7. Agak mahal,ya?
    Aku dulu sempet makan juga, kebetulan waktu itu di Bekasi. Di Bekasi ada juga lho, yang jualan nasi krawu. Untuk harganya sediri... lupa :D

    BalasHapus
  8. Kalau saya pastinya pilih yg pedees, In. . . :D

    Kluwuk si apa? Ayaum bukan? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kluek mbak
      *beda pengucapan
      *semacam bumbu,

      Hapus
  9. porsi nasinya sedikit pas buat aku, tpai lauknya kurang banyak hehehe

    BalasHapus
  10. Lihat gambarnya, bikin laper deh.

    Belom ada yang jual di sini (Jambi).
    Biar bisa nyicip tanpa harus ke gresik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hohoho...

      kamunya sih jauh2 di jambi :-D
      jd gak bs nyicip deh

      Hapus
  11. jkt jg wes ono lho,.. nk taman mini

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.